fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Mengapa Kamu Perlu Membuat Jurnal Trading?

Mengapa Kamu Perlu Membuat Jurnal Trading?

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Tanpa disadari, jurnal trading umumnya sering disepelekan oleh sebagian trader. Padahal, jurnal trading sangat bermanfaat dan dapat membantumu meraih kesuksesan trading. Nah, artikel di bawah ini akan menjelaskan mengapa kamu perlu membuat jurnal trading. Yuk simak!

Apa itu Jurnal Trading?

Pada dasarnya, jurnal trading adalah alat bantu trading yang terdiri dari catatan tertulis untuk semua aktivitas trading. Membuat jurnal trading dapat memberikan tingkat kesadaran yang lebih luas tentang perilaku perdagangan seorang trader.

Hal Ini dapat mencegah trader bertindak impulsif di masa depan. Dengan membuat jurnal, seorang trader dapat mengetahui apa yang harus dilakukan dan apa yang harus dihindarkan. Membuat jurnal trading dapat menjadi efektif bila dilakukan dengan disiplin.

Dengan disiplin, trader akan menjadi lebih baik dalam menjaga rencana perdagangan mereka. Trader juga memiliki acuan ke catatan rinci setiap kali mereka menyimpang dari perilaku disiplin dan apa konsekuensi dari melakukan itu.

Elemen Kunci Jurnal Trading

Jurnal trading dapat dibuat dengan beragam variasi, tetapi umumnya semuanya akan berisi informasi atau elemen tertentu yang menggambarkan karakteristik perdagangan. Elemen dasar yang paling banyak dimasukkan dalam jurnal trading adalah:

Waktu trading – informasi ini memberi tahu trader di sesi apa trading akan dimulai. Informasi tersebut juga dapat berisi kondisi pasar dan alasan mengapa trading dilakukan.

Posisi trading – ini menunjukkan pada tingkat apa trader memulai perdagangan. informasi ini juga dapat mencakup nilai target profit, besaran stop loss atau batas risiko yang dapat diterima, dan lain-lain.

Ukuran trading – ukuran trading adalah besaran lot yang disesuaikan dengan modal akun. Informasi ini sangat penting untuk pengelolaan uang.

Hasil trading – Informasi ini berisi tentang hasil trading, apakah mengalami untung atau rugi.

Elemen dasar di atas bukan merupakan suatu peraturan wajib tertulis. Biasanya, beberapa elemen lain dapat membuat jurnal jauh lebih efektif. Anda juga dapat menambahkannya sesuai dengan kriteria-kriteria yang Anda miliki.  

Introspeksi Jurnal Trading

Setiap trader menulis jurnal trading dengan cara mereka sendiri. Jurnal trading umumnya digunakan sebagai alat untuk memastikan bahwa trader mengikuti rencana trading mereka, dan untuk memberikan umpan balik yang bermanfaat kepada trader, tentang apa yang berhasil dan apa yang tidak berhasil.

Meluangkan waktu untuk menganalisis jurnal trading adalah salah satu cara terbaik untuk mencapai kesuksesan trading. Dengan melakukan introspeksi pada jurnal trading, Anda akan menerima gambaran yang lebih jelas tentang hal-hal yang dapat Anda tingkatkan atau kurangi dari perilaku trading Anda.

Setelah Anda melakukan introspeksi terhadap jurnal trading, Anda kemudian dapat menentukan bagaimana jurnal trading dapat disesuaikan untuk meningkatkan sistem trading Anda. Anda dapat melihat berapa banyak Anda melakukan kesalahan trading dan memasukkan solusinya ke dalam rencana tradingmu.

Dengan begitu, kamu akan mendapatkan sistem trading terbaik yang mungkin seiring berjalannya waktu akan cocok denganmu.  Nah, itulah beberapa pembahasan mengenai pentingnya membuat jurnal trading. Pada dasarnya jurnal trading dapat dibuat, tetapi sulit untuk diimplementasikan. Oleh karena itu dibutuhkan sikap disiplin dari diri trader itu sendiri.

Bagi kamu yang ingin mengetahui informasi seputar trading lainnya, kamu dapat bergabung dengan forum traderhub untuk saling berdiskusi atau bertukar pikiran. Di forum traderhub, juga ada analis profesional yang setiap harinya selalu memberikan sinyal trading. Untuk gabung, silakan klik di sini.

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

15 − 2 =

  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.