fbpx

COVID-19

TraderHUB > Entertainment > Corona > Mengapa Anda Mudah Merasa Lelah Selama Berkarantina? Yuk, Simak Informasinya Berikut Ini!

Mengapa Anda Mudah Merasa Lelah Selama Berkarantina? Yuk, Simak Informasinya Berikut Ini!

Posted by: Belinda Halim
Category: Corona, Lifestyle
Mudah Merasa Lelah Selama Lockdown

Banyak orang telah memposting di media sosial yang mengatakan mereka merasa lelah lebih awal dari biasanya saat lockdown. Biasanya bisa begadang sampai berjam-jam, kini merekadapat tertidur pada jam 10 sekarang. Banyak yang bertanya-tanya bagaimana ini bisa terjadi padahal kita semua melakukan akitivitas yang lebih sedikit dibandingkan dengan biasanya. Perasaan lelah yang Anda alami lebih cenderung terkait dengan beban kerja mental yang terkait dengan COVID-19 daripada beban fisik. Kelelahan dapat memiliki penyebab fisik dan non-fisik. Setelah kita menyelesaikan lari 5 km, kita layak istirahat, atau setelah sakit kita bisa merasa lelah dan lelah selama beberapa minggu.

Tetapi penelitian juga menunjukkan bahwa kelelahan dapat disebabkan oleh kondisi psikologis, seperti stres dan kecemasan. Dalam situasi saat ini, bahkan bisa menjadi situasi yang monoton yang menyebabkan kita merasa lelah. Karena itu, berkaitan dengan tekanan psikologis yang terkait dengan Coronavirus bisa membuat kita lelah. Jadi bagaimana kita mendapatkan energi kita kembali?

Credit Source: https://lh3.googleusercontent.com/0qHb6TkibCvt-iD1NxfUPNQJp3qx4j-UD0hcH59PDnRwwpFr2UUFhS8y6X9Kn4vilzQMJQ=s128

Tahapan penyesuaian

Ketika kita melihat perubahan besar, seperti mahasiswa yang baru memasuki universitas atau orang yang pindah ke negara baru, diperlukan periode adaptasi dan transisi. Ini membutuhkan waktu secara bertahap. Minggu pertama adaptasi melibatkan pelepasan dari cara hidup dan bekerja sebelumnya, dan membangun interaksi baru. Ini biasanya dapat dicapai pada hari keempat atau kelima, setelah itu kehidupan mulai menjadi lebih mapan dan dapat diprediksi. Orang-orang dalam beberapa minggu pertama lockdown mungkin merasa down dan bisa menangis. Ini adalah tahap adaptasi normal. Jangan terlalu khawatir, tetapi diyakinkan bahwa ini akan berlaku untuk kebanyakan orang dan minggu depan Anda pasti akan merasa lebih baik. Transisi ke lingkungan baru dapat dibantu dengan menulis jurnal reflektif. Akan sangat membantu jika Anda mencatat pikiran dan perasaan Anda. Anda kemudian dapat meninjau kemajuan Anda dan melihat bagaimana Anda melakukan penyesuaian.

Adaptasi fungsional penuh dengan cara hidup baru akan terjadi setelah sekitar tiga bulan. Namun, ada satu periode yang perlu diwaspadai yang dapat terjadi sekitar tiga minggu setelah dimulainya, ketika seseorang dapat menyerah secara tiba-tiba karena anxiety attack dan kehilangan moral. Kekhawatiran dalam kasus ini mungkin bahwa situasi lockdown yang diberlakukan sekarang menjadi permanen. Tetapi begitu fase ini berlalu, perasaan putus asa ini cenderung tidak kembali.

Struktur prioritas

Pelajaran selanjutnya tentang cara menjaga energi Anda berasal dari mengamati orang-orang dalam situasi bertahan hidup. Untuk menghindari Anda menuju ke keadaan apatis dan merasa rendah dan tidak termotivasi, penting untuk membangun struktur yang jelas untuk hari-hari Anda. Ini dapat membuat orang merasa ditarik dan apatis, kurang tidur dan mengabaikan kebersihan pribadi mereka. Satu kasus ekstrem dari dunia surviving menunjukkan manfaat struktur ketika kita tiba-tiba dihadapkan dengan kondisi di mana orang-orang harus dapat mengisi waktu kosong mereka. Pada tahun 1915, ketika Endurance kapal Sir Ernest Shackleton terperangkap di es Antartika, ia memberlakukan rutinitas yang ketat pada krunya. Dia sangat menyadari kapal ekspedisi sebelumnya, RV Belgica, yang telah terperangkap selama musim dingin di es Antartika pada tahun 1898. Kapten tidak melakukan rutinitas apa pun dan akibatnya para kru menderita semangat kerja yang rendah, terutama setelah kematian kucing di kapal tersebut, Nansen.

Shackleton bersikeras pada waktu makan yang ketat dan memerintahkan semua orang untuk berkumpul di mess petugas setelah makan malam untuk menjalani masa sosialisasi yang terpaksa harus dilakukan. Kegiatan – kegiatan yang telah dijadwalkan ini mencegah monoton sosial yang dapat terjadi ketika sekelompok kecil orang dikurung bersama untuk periode yang signifikan. Jadi, dengan tingkat energi Anda lebih baik dapat mengatur hari Anda dengan adanya struktur yang jelas dan luangkan waktu untuk kegiatan sosial, bahkan jika itu perlu dilakukan secara online. Penyebab kelelahan non-fisik lainnya adalah kecemasan. Pandemi telah membuat orang bingung dan tidak pasti, dan memberikan rasa gentar. Semua perasaan ini dapat menyebabkan kualitas tidur yang buruk, yang pada gilirannya dapat membuat orang lebih lelah dan cemas.

Untuk mengakhiri siklus ini, olahraga adalah alat yang berguna. Pergi jalan-jalan atau melakukan kelas olahraga online dapat membuat Anda merasa lelah secara fisik, tetapi dalam jangka panjang akan mengurangi perasaan lelah karena kualitas tidur Anda meningkat. Merencanakan ke depan dan menetapkan sasaran sekarang mungkin perlu. Anda dapat memiliki tujuan untuk menetapkan tanggal di masa depan untuk rilis dari lockdown tetapi bersiaplah untuk mengatur ulang tanggal tersebut sebagaimana diperlukan. Menjadi optimis tentang masa depan dan memiliki hal-hal untuk diharapkan juga dapat membantu mengurangi kecemasan dan mengurangi kelelahan.

Author: Belinda Halim

Leave a Reply

2 + 18 =

  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.