TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Mengalami Kerugian Konsisten? Perhatikan Beberapa Hal Berikut!

Mengalami Kerugian Konsisten? Perhatikan Beberapa Hal Berikut!

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Dalam trading, meraih keuntungan konsisten memang sudah menjadi tujuan utama para trader. Tak jarang, para trader mengupayakan segala cara agar dapat menemukan strategi yang cocok dan bisa meraih keuntungan konsisten. Namun, sifat pasar yang sulit diprediksi terkadang membuat semuanya tak berjalan sesuai rencana.

Hal ini membuat harapan trader yang ingin meraih keuntungan konsisten tak semudah yang dibayangkan. Tak jarang pula yang justru meraih kerugian konsisten. Jika kamu termasuk trader yang sedang mengalami kerugian konsisten, tenang saja! Simak beberapa hal berikut yang mungkin dapat kamu gunakan untuk bangkit dari kerugian konsisten!

Kembali ke Akun Demo

Kerugian konsisten merupakan penyakit trading yang memang sulit untuk diobati dalam waktu singkat. Sebaiknya, jangan terbawa emosi dan terus melakukan transaksi. Hal tersebut hanyalah membawa kita ke dalam kerugian yang lebih besar lagi.

Tenangkanlah diri dan putuskan untuk kembali pada akun demo. Akun demo sangat berguna untuk mencari letak-letak kesalahan sekaligus introspeksi terhadap strategi yang digunakan. Pergunakanlah akun demo tersebut dengan bersungguh-sungguh selayaknya kamu menggunakan akun riil.

Dengan begitu, kamu dapat menemukan letak kesalahan trading yang kamu lakukan, mungkin bisa dari ketidakcocokan strategi, kesalahan sistem, kurang disiplin, tak bisa mengontrol emosi trading, atau hal-hal teknis lainnya.

Turunkanlah Ego

Menurunkan ego adalah hal terpenting yang harus dilakukan jika kamu sedang mengalami kerugian konsisten. Sebaiknya, janganlah keras kepala dengan berpikir bahwa semua yang kamu lakukan itu sudah benar. Cobalah untuk mengakui kesalahan.

Tanpa adanya kesadaran diri untuk mengakui kesalahan, trader sering kali dibutakan oleh kepercayaan membabi buta, baik terhadap sistem trading yang dijalankan maupun keahlian dirinya sendiri. Jika sudah seperti itu, maka ia tak akan bisa mengenali kesalahan yang membuat kerugian konsisten.

Jika kamu merasa seperti ini, inilah saat yang tepat untuk mulai mengakui bahwa sistem trading yang selama ini kamu yakini mungkin tidak sebaik yang kamu duga. Saatnya untuk berbenah dengan mencari strategi yang cocok sesuai dengan kepribadian dan gaya trading yang kamu miliki.

Pisahkan Grafik Analisis dan Eksekusi

Jika kerugian konsisten yang dialami saat trading disebabkan oleh kebingungan di tahap analisis, sebaiknya kamu memisahkan grafik analisis dan eksekusi. Sebagai contoh, kamu dapat melakukan analisis di grafik pada fitur TradingView, sementara eksekusi order dilakukan di grafik Meta Trader yang dimiliki broker.

Dengan begitu kamu akan lebih sigap dalam menempatkan order. Cara ini dapat meminimalisir keinginan untuk intervensi posisi trading yang sedang berjalan. Jika Anda trading di platform Mobile, pemisahan grafik analisis dan eksekusi justru sebaiknya diwajibkan, karena pengamatan di grafik mobile memiliki banyak keterbatasan baik secara visual maupun kelengkapan fitur dan indikator. 

Fokus Pada Close Candle

Jika kamu merupakan seorang trader yang menggunakan strategi Price Action sebagai acuan Support Resistance atau bahkan acuan dalam pengambilan keputusan trading, coba pastikan apakah selama ini kamu sudah mengacu pada close candle atau justru masih terpana pada high-low candle yang terlihat menonjol.

Pada dasarnya, high-low candle merefleksikan harga tertinggi dan terendah dalam suatu periode, sehingga dapat dikatakan mewakili noise pasar yang sering kali dipicu kepanikan pasar semata dan tidak mencerminkan keadaan yang sebenarnya.

Sebaliknya, close candle memperlihatkan resolusi penutupan harga di suatu sesi, yang secara final menegaskan arah dan kondisi harga dalam periode tersebut. Oleh karena itu, menggunakan close candle sebagai acuan adalah pilihan paling optimal, baik untuk menarik Support Resistance ataupun mencari tumpuan entry dan exit order.

Nah, itulah beberapa tips yang mungkin dapat kamu lakukan jika trading yang kamu jalankan sedang mengalami kerugian konsisten. Tips di atas mungkin dapat kamu kembangkan sesuai dengan gaya trading masing-masing. Yuk terus semangat!

Bagi kamu yang ingin mengetahui informasi lain seputar trading, kamu dapat bergabung dengan forum tradehub. Di forum traderhub, kamu dapat berdiskusi dengan trader lainnya. Selain itu, kamu juga dapat belajar dan melihat analisis trading dari para analis internasional. Yuk klik di sini!

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

11 − 11 =

×
×
×
  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.