fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Memiliki Gejala FOMO dalam Trading? Baca ini!

Memiliki Gejala FOMO dalam Trading? Baca ini!

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Dalam trading, kesuksesan bisa diraih oleh berbagai faktor. Bukan hanya dari sisi pengetahuan, tetapi juga psikologis. Tak jarang, beberapa trader terjebak dengan gejala FOMO. Tanpa disadari, gejala ini sangat berbahaya dan dapat menyebabkan malapetaka dalam trading.

Sebenarnya apa itu FOMO? Mengapa gejala ini sangat berbahaya? Nah, bagi kamu yang sedang mencari informasi mengenai FOMO, di bawah ini akan dijelaskan mengenai FOMO dan tips-tips mencegahnya. Yuk simak pembahasan di bawah ini!

Pengertian FOMO

FOMO merupakan singkatan dari Fear Of Missing Out, yaitu rasa takut tidak mendapatkan profit dari peluang yang sedang muncul. Trader yang mengalami FOMO akan buru-buru masuk ke pasar tanpa perhitungan matang dengan harapan bisa “mencicipi” keuntungan dari peluang yang sedang muncul tersebut.

Sebagai contoh, harga suatu instrumen investasi sedang mengalami kenaikan yang sangat kuat. Lalu seorang trader terburu-buru buka posisi tanpa perhitungan matang hanya karena takut tidak kebagian profit. Padahal, situasi tren harga sudah menunjukkan tanda-tanda perlambatan.

Dalam situasi ini, biasanya trader yang sudah menikmati profit akan keluar pasar. Sedangkan, trader yang memiliki gejala FOMO baru masuk pasar dan justru mengalami kerugian akibat banyaknya trader yang keluar posisi. Gejala ini merupakan gejala umum yang dialami para trader, tidak mengenal trader pemula ataupun trader profesional.

Penyebab FOMO

FOMO disebabkan oleh sifat alami manusia yang hakikatnya memiliki emosi atau perasaan. Namun, sebenarnya emosi atau perasaan untuk mendapatkan keuntungan sesegera mungkin ini bisa dikendalikan berdasarkan logika atau pikiran.

Jika seorang trader tidak mengandalkan logika, maka faktor luar akan memengaruhi emosinya dalam trading. Terlebih, saat ini semua informasi dapat dengan mudah diakses. Oleh karena itu, dari kemudahan akses informasi, seorang trader sebaiknya bisa menyeleksi informasi-informasi yang didapat dengan pertimbangan yang matang. 

Sebagai contoh, di suatu obrolan komunitas online sedang membicarakan salah satu instrumen yang diprediksi akan mengalami kenaikan. Nah, bagi seorang trader yang mengidap FOMO, maka ia langsung buru-buru open posisi buy sebanyak mungkin. Namun, untuk trader yang bisa mengendalikan diri, ia akan riset terlebih dahulu faktor-faktor kuat yang dapat memengaruhi instrumen tersebut sebelum memutuskan untuk open posisi.

Tips Mengatasi FOMO

Gejala FOMO sebenarnya sangat mudah untuk dihindari dengan beberapa aspek sederhana, mulai dari kesadaran diri dan memahami pentingnya disiplin serta manajemen risiko dalam trading. Selain itu, trader juga harus berpikir secara matang sebelum mengambil keputusan.

Dalam trading, ada berjuta peluang yang akan muncul. Jadi, jangan takut ketinggalan peluang yang sedang berjalan. Tunggulah peluang baru muncul dengan persiapan yang matang. Tentunya, seorang trader juga harus dapat memperkirakan kapan peluang tersebut akan muncul.

Dengan menjamurnya grup trading online di media sosial, para trader dapat dengan mudah berdiskusi dan menyampaikan opininya tentang peluang-peluang yang akan muncul.

Sebagai trader yang baik, usahakan untuk tidak selalu menerima informasi tersebut mentah-mentah. Sangat penting bagi seorang trader untuk melihat dan memahami pergerakan pasar secara mandiri. Selain itu, terdapat kalender ekonomi yang akan sangat berguna untuk melihat event fundamental yang dapat memengaruhi pasar.

Jika kamu sudah mengetahui kapan peluang akan muncul, hal yang selanjutnya harus kamu siapkan adalah rencana trading. Buatlah rencana trading seperti batasan stop loss, target profit, strategi yang cocok digunakan, serta opsi-opsi lain yang bisa digunakan apabila nantinya trading berjalan tidak sesuai dengan rencana.

Selain itu, mindset positif juga penting. Kamu juga harus terus berpikir positif dan harus meyakinkan dirimu sendiri untuk tidak gegabah apabila nantinya kamu mengalami kerugian. Mengendalikan psikologi memang tidak semudah membacanya, namun hal tersebut bukanlah sesuatu yang tidak mungkin jika kita ingin berusaha.

Nah, itulah pembahasan mengenai FOMO dan tips-tips mengatasinya. Jika kamu memiliki tips lain, yuk bagikan di kolom komentar!

Bagi kamu yang ingin mengetahui informasi lain seputar trading, kamu dapat bergabung dengan forum traderhub. Di forum traderhub, kamu dapat berdiskusi dengan para trader lain. Selain itu, kamu juga dapat belajar dan melihat analisis trading dari para analis internasional. Yuk klik di sini!

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

twenty − sixteen =

  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.