fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Memanfaatkan Kebijakan Suku Bunga Bank Sentral dalam Trading

Memanfaatkan Kebijakan Suku Bunga Bank Sentral dalam Trading

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Suku bunga bank sentral dari negara-negara dunia terbesar adalah dasar dari trading Forex kontemporer. Mayoritas fluktuasi harga yang terjadi selama perdagangan bergantung pada perubahan dinamis dari indikator ini. Pembentukan suku bunga dipengaruhi oleh faktor politik dan makroekonomi global, serta peristiwa domestik. Setiap trader harus bisa memprediksi perilaku dan sentimen pasar berdasarkan perubahan suku bunga. Untuk lebih jelasnya, yuk simak!

Kebijakan Suku Bunga

Mayoritas trader yang secara aktif menggunakan informasi tentang perubahan suku bunga dalam perkiraan trading mereka dan memilih opsi perdagangan intraday (jangka pendek). Dalam hal ini, keuntungan akan berhubungan langsung dengan pertumbuhan tingkat bunga – semakin tinggi, semakin banyak persentase keuntungan yang akan diperoleh sebagai hasil dari investasi.

Tentu saja, selain perubahan suku bunga, ada baiknya mempertimbangkan faktor pengaruh lainnya. Misalnya, fluktuasi nilai tukar yang benar-benar dapat mengubah gambaran perdagangan intraday.

Membeli mata uang dengan suku bunga tinggi dengan mengorbankan dana mata uang dengan suku bunga lebih rendah adalah pilihan yang menarik, ini disebut dengan strategi carry trade yang bisa sangat menguntungkan.

Dinamika perubahan suku bunga juga efektif sebagai alat analisis untuk peramalan jangka panjang. Memang perlu dipertimbangkan tambahan faktor pendukung seperti rilis berita ekonomi dan politik . Namun, secara umum, memantau perubahan suku bunga adalah cara analisis yang sangat efektif, yang memungkinkanmu mendapatkan gambaran yang cukup objektif tentang perubahan masa depan dalam situasi pasar dalam jangka pendek dan menengah.

Analisis Dinamika Suku Bunga

Kebijakan bank sentral mana pun melibatkan pengaturan buatan dari situasi keuangan dan ekonomi di pasar domestik. Dengan demikian, fokusnya adalah pada perubahan suku bunga jangka pendek, yang menentukan kondisi pinjaman antar bank.

Kenaikan suku bunga adalah ukuran yang dirancang untuk mengurangi tingkat inflasi saat ini. Suku bunga yang lebih rendah menyebabkan peningkatan permintaan untuk pinjaman dan peningkatan umum investasi dalam perekonomian.

Perubahan yang mungkin menandakan revisi suku bunga yang akan datang:

1.   Kenaikan/penurunan inflasi di sektor konsumsi;

2.   Kenaikan / penurunan indikator tingkat pengeluaran di pasar konsumen;

3.   Kenaikan/penurunan tingkat pekerjaan;

4.   Fluktuasi dinamis dalam indikator pasar kredit subprime;

5.   Perubahan indikator harga di pasar real estate.

Peramalan Suku Bunga

Saat membuat perkiraan tentang dinamika perubahan suku bunga, penting untuk menghubungkan data analitik yang diperoleh dengan perkiraan bank sentral. Dengan pertumbuhan indikator ekonomi, suku bunga dapat stabil atau tumbuh. Dengan penurunan tingkat perkembangan ekonomi, negara biasanya mengurangi suku bunga, mengaktifkan pasar kredit, menarik pelanggan baru ke sana.

Selain itu, ada dua faktor objektif yang dapat memberi sinyal tentang kemungkinan perubahan suku bunga:

1.   Statistik dan prakiraan lembaga analitis;

2.   Pernyataan pejabat dengan status penting bagi perekonomian.

Di antara pernyataan resmi, pidato kepala bank sentral sangat penting dalam hal memperkirakan perubahan suku bunga. Merekalah yang mampu mengklarifikasi suasana umum pasar dan menunjukkan adanya tren jangka pendek dalam dinamika perkembangan indikator harga dalam waktu dekat.

Jangan meremehkan perkiraan analis. Merekalah yang memiliki tingkat pengetahuan dan sumber daya yang cukup untuk menilai secara paling objektif dinamika suku bunga di masa depan. Tentu saja, jangan membabi buta mengandalkan pendapat satu profesional.

Menggunakan beberapa sumber sekaligus untuk memperoleh informasi yang lebih akurat dan merata-ratakan data yang diperoleh, mensistematisasikannya untuk mencapai hasil perhitungan yang diinginkan adalah keputusan yang bijak.

Nah, itulah sekilas pembahasan tentang suku bunga. Bagi kamu yang memiliki kesulitan dalam trading, yuk gabung dengan forum traderhub! Di forum traderhub, para mentor kami selalu siap memberikan edukasi melalui kelas trading dan private consultation yang tentunya GRATIS! Yuk gabung bersama kami sekarang dengan klik di sini.

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

eighteen + sixteen =

  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.