fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Langkah Awal Kesuksesan Trading : Kenali Dirimu

Langkah Awal Kesuksesan Trading : Kenali Dirimu

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Banyak cerita sukses dari trader-trader ternama di dunia ini. Kebanyakan dari mereka mengakui bahwa kesuksesan trading yang didapat tidaklah mudah, melainkan membutuhkan perjuangan dan berkali-kali diterpa oleh berbagai cobaan. Untuk mencapai tujuan tradingmu, yuk ketahui langkah awal kesuksesan trading berikut ini!

Langkah Awal Kesuksesan Trading

Kesalahan terbesar yang dapat dilakukan seseorang adalah bahwa mereka tidak berusaha mendapatkan apa yang mereka sukai. Banyak dari kita berorientasi pada hasil dan benar-benar melupakan prosesnya.

Mereka menghabiskan waktu di tempat kerja hanya karena mereka dibayar. Tetapi waktu dan hidup berlalu dengan harapan yang tak kunjung tercapai. Di sisi lain, sangat berbeda jika pekerjaannya menyenangkan, kamu menikmati di dalamnya dan tidak memperhatikan bagaimana waktu berlalu. Sehingga, kamu melakukan yang terbaik dari dirimu, dan tujuanmu datang beriringan dengan itu.

Trading itu seperti kehidupan kecil. Jika kamu datang ke trading untuk memperbaiki situasi keuanganmu, cepat atau lambat kamu akan menyerah. Ketika gagal, kamu cenderung mencari hal lain, yang menurutmu akan lebih cepat untuk memperbaiki situasi keuanganmu.

Beda halnya  jika kamu memang menyukai trading, dan hanya ingin sukses dari trading tanpa tuntutan atau ekspektasi berlebihan. Jika seperti ini,  trading pasti menyenangkan. Oleh karena itu, untuk memulai trading, akan lebih baik untuk memahami diri sendiri.

Apa yang paling kamu sukai? Melempar kail dan menunggu ikan seperti nelayan? Mengendarai mobil dengan menurunkan dan menaikkan kecepatan? Atau naik roller coaster? Tentu saja, kamu dapat melakukan semua hal ini dalam trading pada waktu yang berbeda, tetapi untuk membawa keterampilanmu ke kesempurnaan, kamu harus berkonsentrasi pada beberapa hal di bawah ini:

Trading dari Fase Konsolidasi

Pasar bersifat siklus. Tren digantikan oleh konsolidasi, perdagangan dalam rentang memberikan peluang untuk menunggu tren baru. Seseorang mungkin berpikir bahwa oposisi antara siklus bulls dan bears dalam channel yang sempit sedikit membosankan.

Namun, nelayan yang berpengalaman tahu bahwa mereka harus belajar untuk menunggu. Ikan akan menggigit cepat atau lambat! Keluar dari fase konsolidasi membuka kemungkinan yang benar-benar tidak terbatas untuk menangkap tren baru.

Kamu juga bisa menerapkan sistem buy di dekat support, atau sell di dekat resistance. Identifikasi support dan resistance yang terbentuk pada fase konsolidasi tersebut.

Trading pada Pemulihan Tren

Jika kamu seorang pengemudi yang tahu di mana jalan ini akan mengarah (arah tren), maka kamu dapat menikmati mengemudi. Kamu hanya perlu menurunkan kecepatan, dengan melewati koreksi dan beralih ke gigi yang lebih tinggi.

Pasar itu sendiri akan membawamu ke tempat yang tepat. Sistem trading seperti ini disebut trading fase pemulihan. Yang paling sederhana adalah kondisi rebound dari moving average, yang bertindak sebagai support dinamis. Kamu dapat menggunakan fibonacci sebagai pertimbangan mencari titik koreksi, dan kembali berkendara bersama tren dengan kecepatan yang lebih tinggi.

Trading Melawan Tren

Jika kamu datang ke tempat rekreasi dan tidak bisa melepaskan pandanganmu dari rollercoaster, kamu dapat menguji keberuntunganmu dalam trading melawan tren. Hal ini tentunya lebih berbahaya daripada dua sistem yang dijelaskan di atas, tetapi selalu ada banyak cara untuk meraih keuntungan dalam trading.

Hukum lama yang terkenal dalam investasi adalah: semakin tinggi risikonya, semakin besar pula keuntungannya. Tantangan utamanya adalah untuk menguasainya secara kompeten. Seperti rollercoaster, beberapa rollercoaster bahkan di-set dengan kecepatan tinggi sambil berjalan mundur. Tapi, karena kamu menikmatinya, kamu tidak khawatir.

Ingat bahwa pasar bersifat siklus. Pilih sistem trading yang sesuai dengan dirimu, temukan strategi yang sesuai dan lakukanlah yang terbaik! Bagi kamu yang masih kesulitan mencari gaya trading yang sesuai dengan dirimu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan mentor traderhub.

Para mentor profesional traderhub selalu siap memberikan konsultasi dan edukasi kepadamu dengan sepenuh hati. Dengan bergabung bersama traderhub, kamu juga berkesempatan untuk mendapatkan sinyal trading harian dari para analis profesional. Yuk gabung sekarang dengan klik di sini.

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

two × 5 =

1 Comment

  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.