fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Kamu Harus Tahu! Ini Cara Mengontrol Keserakahan Trading

Kamu Harus Tahu! Ini Cara Mengontrol Keserakahan Trading

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Keserakahan adalah emosi alami yang dapat mempengaruhi individu. Dalam konteks trading, keserakahan terbukti menjadi penghalang utama trader untuk meraih kesuksesan. Nah, bagaimana cara mengontrol keserakahan trading? Yuk simak pembahasannya berikut ini!

Keserakahan Trading

Keserakahan dapat dengan mudah mengubah trader baik menjadi trader yang buruk atau trader buruk menjadi trader yang lebih buruk. Keserakahan dalam trading dapat digambarkan sebagai keinginan yang kuat untuk mencapai kekayaan secepat mungkin.

Hal ini dapat dengan mudah lepas kendali saat pasar bergerak melawan trader dan kemungkinan besar akan mempengaruhi keputusan trading secara negatif, sehingga trader sering kali langsung bertindak tanpa berpikir terlebih dahulu. Keserakahan dapat mengubah kondisi mental Anda.

Contoh Kasus Keserakahan Mempengaruhi Trading

Bagan di bawah ini memberikan contoh keserakahan seorang trader. Bagan menunjukkan skenario di mana seorang trader memasuki posisi buy di EUR/USD setelah candle hijau besar (panah biru pertama), dengan harapan bahwa pasar bergerak lebih tinggi.

Namun, ternyata pasar bergerak berlawanan dari prediksi dan menempatkan trader ke posisi rugi. Karena keserakahan menguasai diri trader tersebut, akhirnya ia terlalu percaya diri bahwa harga akan berbalik dan ia kembali membuka posisi buy ketika muncul candle hijau yang ia indikasikan merupakan candle pembalikan (panah biru kedua).

Perilaku menggandakan posisi dengan harapan kerugian pertama tertutupi ini dapat memberikan risiko yang besar. Lebih jauh lagi, keserakahan seperti itu dapat membutakan para trader sampai-sampai memungkinkan untuk membuka posisi ke arah yang berlawanan dengan tren tanpa menyadarinya.

Keserakahan sering disertai dengan emosi lain, seperti ketakutan. Ketakutan muncul berkali-kali dalam perjalanan seorang trader, itu hal wajar. Namun, jangan biarkan ketakutan terus menguasai dirimu. itulah sebabnya penting untuk mempelajari cara mengelola rasa takut sejak awal.

Cara Mengontrol Keserakahan Trading

Tanpa disadari, sebenarnya keserakahan dapat dikendalikan dan diatasi seperti semua emosi lainnya. Dengan waktu dan disiplin, sangat mungkin untuk melakukan trading tanpa keserakahan yang menguasai diri.

Keserakahan dapat dilihat sebagai kebalikan dari disiplin. Individu yang disiplin sangat jarang jatuh ke dalam perangkap keserakahan karena mereka memiliki semacam rencana dan menaatinya. Rencana trading dan jurnal trading adalah cara yang bagus untuk menjaga trader di jalur yang benar dan tidak tergoda untuk memasuki perdagangan yang menyimpang dari rencana.

Trader juga harus mempertimbangkan untuk menetapkan stop loss yang ketat dan menargetkan sejumlah pip sebelum memasuki perdagangan. Ini disebut sebagai rasio risiko terhadap keuntungan.

Penting untuk diingat bahwa mengelola dan menangani keserakahan bukanlah sesuatu yang akan diselesaikan dalam waktu singkat. Namun,  semuanya menjadi mungkin jika diri trader tersebut ingin berusaha mengatasinya.

Nah, jika kamu masih kesulitan mengatasi penyakit keserakahan trading pada dirimu, kamu bisa berdiskusi di forum traderhub. Di forum traderhub, terdapat banyak trader profesional yang selalu siap bertukar pikiran mengenai segala hal yang berkaitan dengan trading.

Selain itu, juga terdapat sinyal-sinyal trading di setiap harinya dari analis profesional yang tersebar di berbagai negara. Untuk itu, tunggu apalagi? Segera bergabung bersama kami sekarang dengan klik di sini.

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

five − five =

  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.