fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Ingin Mendapatkan Keuntungan Konsisten? Gunakan Teknik Day Trading!

Ingin Mendapatkan Keuntungan Konsisten? Gunakan Teknik Day Trading!

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Sesuai dengan namanya, teknik day trading adalah teknik trading yang dilakukan secara harian. Seorang trader yang menggunakan teknik ini akan membuka dan menutup posisi perdagangan dalam waktu satu hari atau kurang dari satu hari.

Teknik ini cukup populer bagi kalangan trader yang tidak suka mempertahankan posisi perdagangan berhari-hari dan lebih suka meraih profit dengan cepat. Meskipun teknik ini tak lebih cepat dari teknik scalping, tetapi day trading juga merupakan bagian dari teknik jangka pendek.

Trader yang menggunakan teknik day trading akan menggunakan time frame H1 atau H4. Meskipun tujuan teknik ini untuk mendapatkan keuntungan cepat, tetap juga tidak menutup kemungkinan strategi ini juga menimbulkan kerugian yang cepat pula bila analisis yang dilakukan tidak sesuai dengan prediksi.

Oleh karena itu, kalau kamu seorang pemula, sebaiknya persiapkan diri secara matang sebelum memutuskan untuk menggunakan teknik ini. Teknik ini adalah teknik yang mengandalkan momentum, sehingga kamu harus mengorbankan waktu seharian untuk memantau pergerakan harga pasar di monitor.

Keunggulan dan Kelemahan Teknik Day Trading

Setiap teknik trading pasti memiliki keunggulan dan kelemahan, begitupun dengan teknik day trading, keunggulan teknik ini adalah trader dapat meraih keuntungan kecil yang berlipat-lipat sehingga dan konsisten di setiap harinya.

Trader yang menggunakan teknik ini akan berkali-kali open posisi untuk memanfaat volatilitas yang terjadi di pasar sehingga keuntungan-keuntungan kecil yang didapat jika dikumpulkan mampu memberi keuntungan besar. Namun, jika tidak dilakukan dengan bijak juga akan memberikan kerugian besar pula.

Dengan kata lain, teknik ini juga tidak membutuhkan modal yang banyak karena tujuannya hanya meraih keuntungan-keuntungan kecil. Teknik ini sangat cocok digunakan bagi trader yang menjadikan bisnis forex sebagai penghasilan utamanya.

Selain itu, teknik ini juga dapat menghindarkan potensi risiko floating loss/profit karena tidak membuka posisi trading dengan waktu yang lama, sehingga kepastian profit/loss bisa diketahui segera di hari yang sama.

Jika trader mengalami profit, maka profit yang diraih tersebut dapat dikunci langsung pada hari yang sama, sedangkan jika mengalami rugi maka trader tersebut dapat memikirkan cara untuk kompensasi kerugiannya agar bisa menjadi profit di waktu trading yang sama.

Akan tetapi, kompensasi kerugian atau juga bisa disebut dengan strategi martingale seringkali juga bisa berpotensi dapat memberikan kerugian beruntun, sehingga tujuan yang tadinya ingin menutupi kerugian justru mendapatkan kerugian yang berlipat-lipat.

Oleh karena itu, teknik day trading tidak cocok bagi kamu yang masih belum bisa mengelola emosi dengan baik. Selain itu, teknik ini juga tidak cocok digunakan untuk trader yang tidak memiliki waktu banyak karena jika trader menggunakan teknik ini maka harus setiap saat memantau pergerakan harga pasar di monitor.

Nah, itulah pembahasan mengenai teknik day trading yang mungkin bisa kamu gunakan dan cocok dengan gaya tradingmu. Bagi kamu yang ingin mengetahui teknik atau strategi-strategi lain, kamu dapat bergabung dengan forum traderhub.

Di forum traderhub, kamu dapat berdiskusi dengan trader lain untuk saling bertukar pikiran. Selain itu, kamu juga dapat melihat dan belajar analisis-analisis trading dari para analisis internasional. Bagi kamu yang tertarik bergabung, yuk klik di sini!

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

14 + 19 =

  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.