fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Ingin Memulai Trading Lagi? Baca Artikel Ini

Ingin Memulai Trading Lagi? Baca Artikel Ini

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Dalam trading, pasti ada saat-saat di mana seorang trader mengalami kejenuhan. Mereka memilih berhenti untuk jangka waktu yang cukup lama, kemudian seiring berjalannya waktu ingin memutuskan untuk trading lagi. Hal itu adalah suatu yang wajar dan bukanlah kesalahan. Nah, bagi kamu yang berniat ingin memulai trading lagi, yuk baca artikel di bawah ini!

Ingin Memulai Trading “LAGI”

Jika kamu telah trading cukup lama, kemungkinan besar kamu pernah mengalami saat-saat ketika kamu merasa kehilangan mood trading. Kehilangan mood ini bisa berasal karena kamu ingin beristirahat dari trading,  akibat dari margin call, mengalami serangkaian kerugian, dan lain-lain.

Akan ada saat-saat ketika kamu merasa harus memulai dari awal atau berhenti trading sama sekali. Dan jika kamu memilih untuk memulai dari awal, maka kamu satu langkah untuk mencoba kembali berenang daripada pasrah karena tenggelam. Ini adalah awal dari proses.  

“Memulai Lagi” Lebih Sulit Daripada “Baru”

Memulai kembali lebih sulit daripada mempelajari cara trading untuk pertama kalinya. Ketika kamu memulai dari awal, kamu harus menghadapi kesalahanmu, mengakui kegagalanmu, serta melepaskan ego dan kebiasaan lamamu.

“Melepaskan” di sini adalah intinya. Sama seperti bagaimana beberapa startup teknologi harus “berputar” untuk bertahan hidup, kamu juga harus melepaskan proses trading masa lalumu, dan mengejar jalan lain untuk menemukan trader yang lebih baik di dalam dirimu.

Jadi, bagaimana kamu bisa “memulai dari awal” sebagai trader? Berikut adalah beberapa tips:

1. “Belajar Kembali” Tentang Pasar

Setiap individu harus mempelajari trik baru jika ingin berhasil beradaptasi dengan lingkungan pasar saat ini. Kuncinya adalah kemauanmu untuk mencoba hal baru. Lagi pula, apa yang harus kamu lakukan ketika trik lamamu tidak lagi menguntungkanmu?

Baca dan coba strategi trading orang lain. Bicaralah dengan trader lain dan dapatkan perspektif mereka. Barangkali saja strategi mereka akan cocok dengan gaya tradingmu. Belajarlah untuk melihat pasar dengan cara baru, dan mungkin kamu akan menemukan strategi yang akan memberimu keunggulan baru– lebih sederhana, atau berbeda.

2. Jangan Lupakan Kelebihan dan Kekurangan

Saat kamu mempelajari kembali pasar dan mengeksplorasi strategi, cari peluang di mana kamu dapat memaksimalkan kekuatanmu.

Seorang trader tren, misalnya, dapat melihat kerangka waktu yang lebih pendek pada saat volatilitas rendah. Sementara itu, seorang news trader dapat memperluas pandangan mereka ketika berita-berita fundamental sedang ramai. Itu hanya beberapa contoh dari sekian banyak gaya trading. Tentukan dalam dirimu sendiri, kamu merupakan bagian yang mana?

Memulai kembali bukan berarti melupakan semua yang telah kamu pelajari. Jika kamu sudah mengetahui kepribadian tradingmu, maka kamu hanya perlu menemukan strategi atau sistem lain yang akan menghasilkan keuntungan konsisten hari ini dan di masa depan.

3. Tetap Trading

Sama seperti dengan pemula, terkadang cara terbaik untuk menemukan keunggulan baru bagi dirimu adalah dengan terus trading. Sering-seringlah trading untuk praktik secara nyata di pasar. Kamu juga bisa trading di akun demo, dengan catatan perlakukanlah akun demo tersebut seperti halnya kamu memperlakukan akun real.

Tujuannya adalah untuk mengetahui metode mana yang berhasil dan mana yang tidak dalam lingkungan trading saat ini. Dengan begitu kamu bisa menetapkan strategi terbaik yang sesuai dengan dirimu dan membuatmu nyaman.

4. Buat Jurnal Trading

Karena kamu kembali untuk “menjelajahi” apa yang berhasil dan apa yang tidak, kamu perlu melacak kemajuan kamu secara terstruktur.

Sebuah jurnal trading akan membantumu memperhatikan pengamatan baru tentang pasar. Lebih penting lagi, ini akan banyak membantu dalam menyempurnakan proses baru yang kamu mulai.

Mempelajari kembali pasar dengan semua sudut dan celahnya, dapat membuat dirimu menemukan kembali keunggulan tradingmu. Bagian yang tersulitnya hanyalah mengakui bahwa kamu membutuhkan perubahan dan melepaskan kebiasaan lamamu, untuk memberi ruang bagi yang lebih baru dan lebih baik.

Nah, itulah sekilas informasi untuk kamu yang mungkin berencana untuk memulai kembali trading. Pada dasarnya, setiap individu memiliki tingkat kesuksesan yang sama. Hal yang terpenting adalah bagaimana individu tersebut berusaha untuk mencari jalan kesuksesan itu! Segera bergabung bersama traderhub sekarang dan temukan jalan kesuksesan tradingmu dengan klik di sini.

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

seventeen − eight =

  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.