fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Ingin Membuat Workstation Trading Profesional? Baca Ini!

Ingin Membuat Workstation Trading Profesional? Baca Ini!

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Jika kamu seorang full time trader dan ingin membuat workstation trading seperti seorang trader profesional, kamu datang ke artikel yang tepat! Di bawah ini kami akan membahas cara membuat workstation trading profesional, yang tentunya bisa membuat tradingmu berjalan dengan lancar dan nyaman. Yuk simak!

Membuat Workstation Trading Profesional

Trading memiliki tantangan dalam prosesnya, sehingga trader tidak perlu menambahkan tekanan tambahan terkait dengan perangkat keras komputer. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengonfigurasi workstation komputer yang paling sesuai dengan kebutuhan dan persyaratan untuk gaya trading yang kamu lakukan.

Meskipun kamu bisa menjadi sangat rumit dalam mengatur komputer tradingmu, banyak komputer game out-of-the-box sering kali memiliki spesifikasi yang diperlukan untuk menjalankan sebagian besar platform perdagangan dengan cara yang efisien.

Beberapa trader baru secara keliru percaya bahwa semakin bagus pengaturan komputer mereka, semakin baik mereka dapat trading di pasar. Kamu harus ingat, meskipun komputer trading yang baik akan membantumu berdagang dengan lebih efisien, itu tidak serta-merta membuatmu menjadi trader yang lebih baik.

Nah, berikut adalah rekomendasi workstation trading profesional!

PC vs Mac

Salah satu hal pertama yang perlu kamu putuskan adalah apakah kamu akan menggunakan PC atau komputer Mac. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan tertentu. Meskipun berada di luar cakupan artikel ini untuk membahas semua poin, ada banyak sumber informasi di internet yang akan membantumu memutuskan mana yang lebih cocok untukmu.

Namun secara umum, Mac cenderung lebih stabil dan andal dibandingkan dengan PC berbasis Windows. Selain itu, komputer Mac cenderung tidak mudah terkena virus dan malware lainnya. Ini bisa menjadi sangat penting jika kamu akan menggunakan komputer tradingmu untuk tugas-tugas lain di luar trading, atau jika kamu akan sering menjelajah web.

Pertimbangan yang paling penting adalah persyaratan kompatibilitas platform perdagangan pilihan di brokermu. Artinya, platform perdagangan tertentu hanya akan berfungsi di komputer berbasis Windows, yang lain hanya di komputer berbasis Mac. Carilah yang sesuai dengan pilihanmu.

Kekuatan Pemrosesan

Kekuatan pemrosesan di dalam komputermu disebut sebagai CPU, unit pemrosesan pusat. CPU berfungsi untuk menjalankan semua proses di dalam komputermu. Kekuatan pemrosesan ini diukur dalam gigahertz, GHz. Semakin tinggi gigahertz, semakin cepat komputermu akan berjalan.

Kisaran CPU khas untuk sebagian besar workstation komputer out-of-the-box adalah antara 1 dan 4 GHz. Selain itu komputermu dapat memiliki beberapa core yang dapat berjalan secara bersamaan. Ini akan meningkatkan efisiensi total dan kecepatan trading harian atau workstation tradingmu.

Perangkat Keras

Hard drive berfungsi sebagai unit penyimpanan untuk data komputermu. Ada dua jenis hard drive di sebagian besar unit komputer. Yang pertama adalah hard drive tradisional, dan yang kedua adalah apa yang dikenal sebagai solid-state drive, atau SSD.

Hard drive solid-state memiliki banyak keunggulan dibandingkan hard drive tradisional. SSD memberikan peningkatan kinerja dan kecepatan secara keseluruhan, dan juga memiliki karakteristik lebih hemat energi. Dengan demikian, sebagian besar trader harus mempertimbangkan untuk mengonfigurasi komputer trading mereka untuk menyertakan SSD.

RAM

RAM berfungsi untuk menjalankan berbagai proses secara bersamaan dengan cara yang efisien. Karena trader sering menjalankan beberapa proses secara bersamaan, penting untuk memastikan bahwa kapasitas RAM-mu sesuai dengan kebutuhanmu.

RAM diukur dalam apa yang dikenal sebagai gigabyte (GB). Semakin tinggi unit gigabyte, semakin banyak proses yang dapat kamu jalankan secara bersamaan dengan cara yang efisien. Trader harian harus mempertimbangkan setidaknya 16 GB RAM minimal. Untuk swing trader setidaknya 8 GB RAM.

Jumlah ini dapat disesuaikan tergantung pada jumlah rencana program yang kamu jalankan pada waktu tertentu. Semakin banyak program yang akan kamu jalankan secara bersamaan, semakin tinggi kapasitas RAM yang harus kamu miliki.

Grafis

Grafis memungkinkan pemrosesan semua elemen grafis dan video di layar komputermu. Mendapatkan grafis berkualitas tinggi akan memungkinkanmu menikmati pengalaman visual yang lebih baik saat trading. Spesifikasi minimum yang disarankan untuk grafis adalah Nvidia atau AMD dengan memori minimal 2 GB untuk satu monitor.

Jika kamu menggunakan monitor tambahan, maka kamu dapat menambah memori kartu grafismu sebanyak dua GB atau lebih per monitor tambahan. Kartu grafis berkualitas tinggi sangat penting bagi mereka yang membutuhkan pengaturan perdagangan multi monitor.

Monitor Komputer

Jadi, berapa banyak monitor yang kamu butuhkan untuk trading secara efektif? Jawaban atas pertanyaan itu akan berbeda untuk setiap trader berdasarkan gaya perdagangan mereka. Misalnya, trader berjangka yang memantau selusin pasar berbeda sepanjang hari, dan membutuhkan akses ke newswire, dapat memilih pengaturan multi-monitor yang mencakup 6 hingga 10 tampilan berbeda.

Namun, jawabannya akan sangat bergantung pada sistem tradingmu, jumlah pasar yang akan kamu amati,  jumlah alat teknis yang kamu gunakan, dan detail terkait lainnya. Karena itu, bahkan trader harian yang sangat aktif memiliki pengaturan multi-monitor yang fleksibel. Mereka dapat menambahkan lebih banyak monitor sesuai kebutuhan.

Dan penting untuk diingat, bahwa sering kali kesederhanaan jauh lebih baik, daripada kerumitan dalam hal trading di pasar. Dengan demikian, kamu tidak boleh memilih pengaturan multi-monitor yang terlalu rumit hanya untuk memuaskan dorongan batinmu untuk melakukannya. Artinya, harus ada alasan praktis untuk menambahkan monitor tambahan ke pengaturanmu.

Nah, itulah rekomendasi seputar cara membuat workstation trading profesional. Pada dasarnya, kesuksesan trading tidaklah berasal dari kemewahan alat-alat trading yang digunakan. Alat-alat tersebut hanya merupakan penopang kenyamanan kita ketika trading. Bagi kamu yang ingin berdiskusi mengenai trading lebih lanjut, yuk diskusi di forum traderhub bersama Mentor profesional kami dengan klik di sini.

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

15 + 20 =

  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.