fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Gaya Trading Sukses ala Ed Seykota

Gaya Trading Sukses ala Ed Seykota

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Ed Seykota adalah salah satu trader sukses di dunia. Kesuksesan yang ia raih dalam trading tidaklah berjalan mulus, melainkan melewati kerugian besar berkali-kali. Namun, ia tetap optimis dan berusaha keras dalam menjalankan tradingnya. Bagaimanakah perjalanan Ed Seykota hingga meraih kesuksesan? Yuk simak pembahasannya!

Mengenal Ed Seykota

Belajar Trading Dari Ed Seykota

Ed Seykota atau Edward Arthur Seykota lahir pada tahun 1946 di Belanda. Ia menempuh pendidikan di Fakultas Teknik Elektro MIT dan juga lulus ilmu manajemen di MIT Sloan School of Management, Amerika Serikat pada tahun 1966.

Ia mulai berkecimpung di dunia trading pada tahun 1960-an. Ed memulai tradingnya pada komoditi perak dan saat itulah ia mengawali kisah pahitnya dalam trading. Pada saat itu, ia memprediksikan harga perak akan naik dan Kementerian Keuangan AS berhenti menjual perak.

Sembari menunggu momen tersebut, Ed Seykota disarankan oleh brokernya untuk mengambil posisi sell pada komoditi tembaga. Namun, rekomendasi itu tidak berhasil dan Ed seykota mengalami kerugian. Semenjak itu, Ia memilih untuk kembali menunggu momen bullish perak.

Ketika momen tersebut tiba, Ed Seykota langsung melaksanakan aksinya untuk membeli perak dengan jumlah yang cukup besar. Namun, kepercayaan dirinya harus diruntuhkan oleh pasar karena pada saat itu harga perak justru turun dan ia kembali mengalami kerugian yang cukup besar.

Seperti yang ditulis dalam buku ‘Market Wizards’, Ia menceritakan pengalamannya tersebut ketika diwawancarai oleh Jack Schwagger:

“Saya pernah mengalami kerugian besar. Lalu saya berusaha bangkit dan percaya diri dengan berita-berita yang ada, sehingga saya melakukan buy perak dalam jumlah yang besar. Namun apa yang terjadi? Harga perak justru jatuh dan dana saya habis. Saya heran, mengapa harga perak bisa kembali jatuh. Dari pengalaman ini saya belajar bahwa pergerakan harga tidak akan selalu sejalan dengan apa yang kita prediksikan”

Namun, pengalaman pahit yang bertubi-tubi tersebut tidaklah menghentikan langkahnya untuk meraih kesuksesan dalam trading. Ia terus berusaha mencari holy grail dengan membaca-baca buku sekaligus mempraktikkan apa yang telah ia temukan hingga akhirnya meraih kesuksesan dalam trading.

Gaya Trading Ed Seykota

Kesuksesan trading yang Ed Seykota raih berkat strategi yang ia gunakan, yaitu trend following.  Ia belajar mengenai trend following dengan membaca tulisan Richard Donchian, yaitu tentang mekanisme sistem trading dan Moving Average Crossover untuk menghasilkan profit di pasar.

Awalnya ia ragu dengan apa yang dituliskan Richard Donchian dalam bukunya. Namun, akhirnya ia percaya setelah sukses menguji dan mempraktikkan teori-teori yang dijelaskan oleh Richard Donchian dalam trading yang ia lakukan.

Baginya kunci kesuksesannya dalam trading selain strategi yang ia gunakan adalah pengelolaan manajemen keuangan yang baik. Ed Seykota juga menyarankan para trader untuk menemukan strategi yang cocok sesuai dengan gaya tradingnya masing-masing.

Dalam trading, Ed Seykota sangat berpatokan dengan strategi teknikal. Ia menganggap analisis fundamental tidak berguna karena pelaku pasar-lah yang akhirnya menentukan harga. Tiga hal yang diperhatikan Seykota saat trading adalah tren jangka panjang, pola grafik terkini dan mencari momen terbaik untuk buy atau sell.

Ed Seykota juga selalu menerapkan prinsip yang menjadi aturan wajibnya ketika menjalankan trading, yaitu seperti:

  • Jangan takut menutup posisi trading ketika posisi salah.
  • Jangan takut membiarkan posisi trading ketika posisi tepat
  • Selalu ikuti aturan tanpa tahu kapan aturan tersebut bisa dilanggar
  • Berhenti trading sejenak ketika mengalami kerugian beruntun.

Dunia trading merupakan dunia yang dinamis. Dengan selalu mengikuti aturan dalam trading, seorang trader memang dapat menciptakan peluang untuk memeroleh keuntungan.

Meskipun begitu, Ed Seykota tetap memandang prinsip itu secara fleksibel karena seorang trader harus mampu mengembangkan aturan baru sebagai bagian dari kemajuan tradingnya.

Nah, itulah kisah hidup dan gaya trading ala Ed Seykota yang membawanya menuju kesuksesan. Kesuksesan dapat diraih jika seseorang ingin berusaha untuk meraihnya. Pengalaman Ed Seykota mungkin dapat memotivasi kamu untuk tidak menyerah jika mengalami kegagalan dalam trading.

Bagi kamu yang ingin mengetahui informasi lain seputar trading, kamu dapat bergabung dengan forum traderhub. Di forum traderhub, kamu dapat belajar trading melalui kelas trading atau private consultation bersama mentor profesional, yang tentunya GRATIS! Yuk klik di sini!

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

thirteen + eighteen =

  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.