fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Ekspektasi Pasar dari Berita dan Dampaknya pada Mata Uang

Ekspektasi Pasar dari Berita dan Dampaknya pada Mata Uang

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Ekspektasi pasar secara umum dapat menyebabkan volatilitas yang tinggi di pasar. Pasar digerakkan oleh ekspektasi mengenai prospek atau kondisi ekonomi suatu negara. Hal inilah yang terkadang dimanfaatkan trader untuk mendapatkan keuntungan. Bagaimana ekspektasi pasar dari rilis berita dan dampaknya pada mata uang? Yuk simak!

Ekspektasi Pasar

Tidak ada formula yang 100 persen dapat sukses dalam memprediksi bagaimana pasar akan bereaksi terhadap laporan data atau suatu peristiwa. Kamu dapat menarik fakta bahwa pasar umumnya ada respons awal ketika berita rilis, yang biasanya berumur pendek, tetapi cukup signifikan.

Kemudian, muncul reaksi kedua, di mana trader telah memiliki waktu untuk merenungkan implikasi dari berita atau laporan di pasar saat ini. Pada titik inilah pasar memutuskan apakah rilis berita sesuai atau berlawanan dengan ekspektasi yang ada, dan apakah bereaksi sesuai dengan itu.

Apakah hasil dari laporan tersebut diharapkan atau tidak? Dan apa tanggapan awal pasar tentang gambaran yang lebih besar? Menjawab pertanyaan-pertanyaan itu memberi kita tempat untuk mulai menafsirkan price action berikutnya.

Bagaimana Ekspektasi Pasar Bekerja?

Sebuah konsensus atau ekspektasi adalah kesepakatan atau pemahaman relatif pada perkiraan ekonomi atau berita yang akan datang. Prakiraan ekonomi dibuat oleh berbagai ekonom terkemuka dari bank, lembaga keuangan, dan entitas terkait sekuritas lainnya.

Semua prakiraan dikumpulkan bersama dan dirata-ratakan. Rata-rata inilah yang muncul di bagan kalender ekonomi, yang menunjukkan tingkat ekspektasi untuk laporan atau peristiwa tersebut. Data yang masuk biasanya diidentifikasi dengan cara berikut:

“Seperti yang diharapkan” – data yang dilaporkan mendekati atau pada perkiraan konsensus.

“Lebih baik dari yang diharapkan” – data yang dilaporkan lebih baik daripada perkiraan konsensus.

“Lebih buruk dari yang diharapkan” – data yang dilaporkan lebih buruk dari perkiraan konsensus.

Namun, ingatlah bahwa trader itu cerdas dan bisa menjadi yang terdepan. Banyak trader profesional telah “menghargai” ekspektasi/konsensus ke dalam trading mereka lebih awal, dan sudah masuk ke pasar jauh sebelum laporan dirilis. Dengan kata lain, trader ini memasang taruhan sebelum berita itu keluar.

Pasar Tidak Selalu Bergerak Sesuai Ekspektasi

Banyak yang bisa terjadi sebelum laporan dirilis. Sentimen pasar dapat membaik atau memburuk sesaat sebelum rilis, jadi perhatikan bahwa harga dapat bereaksi dengan atau melawan tren. Selalu ada kemungkinan bahwa laporan data benar-benar meleset dari ekspektasi, jadi sebaiknya jangan bertaruh pada ekspektasi orang lain.

Mainkan konsep “bagaimana jika”.

Tanyakan pada diri sendiri, “Bagaimana jika A terjadi? Bagaimana jika B terjadi? Buatlah skenario dalam beberapa opsi yang berbeda, dan bersiaplah untuk menghadapi reaksi pasar. Bertindak proaktif dengan cara ini akan membuatmu menjadi yang terdepan.

Data yang Keluar Bisa Direvisi

Apa apaan?! Mereka merevisi datanya?!! Sekarang apa yang harus saya lakukan?!!!

Data ekonomi selalu bisa direvisi. Mari kita ambil Non-Farm Payroll (NFP) bulanan sebagai contoh. Laporan ini keluar setiap bulan, biasanya disertakan dengan revisi angka bulan sebelumnya.

Sebagai contoh, ekonomi AS dalam kemerosotan dan angka NFP Januari turun 50.000, yang merupakan jumlah pekerjaan yang hilang. Sekarang Februari, dan NFP diperkirakan akan turun 35.000 lagi.

Namun NFP yang masuk justru berkurang hanya 12.000, yang sama sekali tidak terduga. Selain itu, data revisi Januari, yang muncul dalam laporan Februari, direvisi dan hanya menunjukkan penurunan 20.000. Sebagai seorang trader, kamu harus mewaspadai situasi seperti ini ketika data direvisi.

Tanpa mengetahui bahwa data Januari direvisi, kamu mungkin memiliki reaksi negatif terhadap tambahan 12.000 pekerjaan yang hilang di bulan Februari. Namun, dengan mempertimbangkan angka NFP yang direvisi naik untuk Januari, dan angka NFP Februari yang lebih baik dari yang diharapkan, pasar mungkin bereaksi berbeda.

Nah, itulah beberapa pembahasan mengenai ekspektasi pasar dari berita dan bagaimana dampaknya terhadap pergerakan mata uang. Bagi kamu yang ingin belajar trading lebih lanjut, kamu dapat berkonsultasi dengan mentor traderhub dengan klik di sini.

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

3 × one =

  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.