fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Disiplin dalam Menjaga Resolusi Trading di Tahun Baru

Disiplin dalam Menjaga Resolusi Trading di Tahun Baru

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Di awal tahun ini adalah saat yang tepat untuk memberikan penyegaran tentang resolusi di tahun yang baru. Berikut adalah beberapa ide yang dapat membantumu mempersiapkan dan mempertahankan resolusimu sepanjang tahun. Yuk simak!

Bagilah Resolusi Umum Jadi Langkah-langkah Khusus

Apa pun resolusimu, kamu dapat membaginya menjadi langkah-langkah spesifik. Jauh lebih mudah untuk mencapai langkah-langkah kecil yang dapat kamu lakukan, daripada memenuhi tujuan besar yang mustahil. Mulailah dengan sesuatu yang mudah dan pastikan kamu bisa mencapainya.

Misalnya, kamu memiliki resolusi di tahun ini ingin mencapai keuntungan hingga 100 % di akun tradingmu. Dengan resolusi ini, kamu dapat memecahnya menjadi beberapa tujuan khusus yang dapat menopang tujuan umummu, seperti mempelajari dan membuat ide-ide yang mungkin membantu meningkatkan trading Anda.

Setelah itu, kamu dapat menguji setiap ide dan lihat seberapa banyak peningkatan yang akan kamu dapatkan dari masing-masing ide.

Buat Janji pada Diri Sendiri dan Cantumkan Alasan Janji dalam Resolusi

Misalkan janji kamu kepada diri sendiri adalah melakukan latihan mental trading setiap hari. Cara kamu dapat mengungkapkannya adalah dengan berjanji pada diri sendiri untuk melakukan latihan mental setiap hari dan merencanakan cara-cara untuk meningkatkan disiplinmu.

Pastikan bahwa janji yang kamu tetapkan adalah sesuatu yang ingin kamu lakukan dan bukan sesuatu yang orang lain ingin kamu lakukan. Jika kamu sendiri yang merasa betapa pentingnya latihan semacam ini untuk perkembangan tradingmu, kemungkinan besar kamu akan melakukannya.

Tentukan Pemicu

Jika kamu menetapkan resolusi trading, itu mungkin karena kamu ingin mendapatkan lebih dari trading yang kamu lakukan. Mungkin ada alasan ketidakmampuan kamu melakukannya sebelumnya, seperti pemicu tertentu yang membuat kamu marah.

Apa saja pemicu tersebut? Apakah ada pemicu emosi, seperti adanya orang tertentu atau kondisi tertentu? Apakah ada perasaan internal tertentu yang membuat kamu marah? Apa perasaan itu dan kapan itu terjadi?

Setelah kamu menentukan apa pemicumu, kamu jauh lebih siap untuk itu. Saya sangat menyarankan untuk melakukan latihan mental yang ekstensif seputar masalah menangani pemicu tersebut. Kesadaran adalah bagian besar dari menjaga resolusi Anda.

Buatlah Buku Harian tentang Apapun yang Sedang Kamu Alami Ketika Trading

Kebanyakan orang tidak menyadari gambaran besar yang terlibat dalam mencapai tujuan trading. Namun, ketika kamu membuat buku harian trading yang berisi daftar pencapaian dan pemikiranmu, kamu akan lebih mudah memahami apa yang terjadi di dalam dirimu.

Mencantumkan pencapaianmu juga merupakan bentuk penghargaan. Ketika kamu mulai berfokus pada pencapaianmu, kamu akan merasa senang dengan apa yang telah kamu capai, dan kamu akan lebih termotivasi untuk mendapatkan yang lebih, dengan acuan pencapaian dalam buku harian itu.

Menyerah Adalah Akhir dari Segalanya

Jika kamu mencoba membuat perubahan besar, kamu mungkin dapat mengalami kemunduran sesekali. Jika kamu melihat kemunduran itu sebagai kegagalan, maka perjuanganmu berakhir sampai di situ. Di sisi lain, jika kamu membuatnya baik-baik saja ketika mengalami kemunduran sesekali, maka kamu dapat terus berjalan menuju kesuksesan resolusimu itu.

Sadarilah bahwa kemunduranmu adalah kesempatan untuk mempelajari sesuatu tentang dirimu. Apa yang terjadi? Apa yang kamu pikirkan? Tuliskan semua informasi itu dalam buku harianmu dan tentukan apa yang dapat kamu pelajari darinya.

Kamu mungkin menemukan pemicu baru dan kemudian kamu dapat merencanakan cara mengatasi pemicu tersebut. Bagaimanapun, maafkan dirimu atas kemunduran itu dan kemudian lanjutkan. Seringkali kemunduran terjadi karena persiapan yang tidak memadai.

Nah, itulah sekilas pembahasan mengenai disiplin dalam menjaga resolusi trading di tahun baru ini, yang mungkin dapat kamu praktikkan. Bagi kamu yang ingin berdiskusi lebih lanjut, silakan berdiskusi bersama mentor profesional kami dengan bergabung di forum traderhub. Yuk klik di sini.

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

6 + nineteen =

  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.