fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Cari Tahu Keunggulan Trading pada Dirimu dengan Cara Ini!

Cari Tahu Keunggulan Trading pada Dirimu dengan Cara Ini!

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Dalam trading, setiap trader pasti memiliki keunggulan tersendiri pada diri masing-masing. Keunggulan ini bisa dari strategi yang digunakan, manajemen risiko, emosi, atau lain-lainnya. Tanpa disadari, menemukan keunggulan pada diri sendiri sangat berguna untuk menentukan gaya trading.

Namun, terkadang seorang trader tak menyadari keunggulan yang ada pada diri sendiri. Tak jarang juga yang tak memedulikan mengenai keunggulan yang dimiliki. Padahal, keunggulan ini jika dikembangkan dapat menentukan kesuksesan trading. Nah, bagaimana cara menemukan keunggulan trading pada diri sendiri tersebut? Yuk simak pembahasan berikut ini!

Evaluasi Lewat Jurnal Trading

Dalam trading, jurnal trading sangat berperan penting untuk mengevaluasi kekurangan dan mengembangkan kelebihan. Terkadang, jurnal trading ini dianggap sepele oleh beberapa trader. Padahal, jurnal trading dapat menjadi senjata mematikan pasar jika dapat terus diasah.

Oleh karena itu, sebaiknya buatlah jurnal trading untuk mengevaluasi kegiatan trading sehari-hari. Jurnal trading ini bisa berupa catatan transaksi yang dapat membantumu menyempurnakan strategi berdasarkan pembelajaran dari pengalaman trading sebelumnya.

Lewat jurnal trading, trader akan membukukan semua transaksi mereka. Lewat catatan-catatan tersebut, kamu dapat mengetahui keunggulan-keunggulan yang kamu miliki serta kelemahan-kelemahan tradingmu, sehingga kamu dapat mengembangkan keunggulanmu dan memperbaiki kelemahanmu.

Tes Kepribadian

Kamu juga dapat melakukan tes kepribadian untuk menemukan keunggulan pada dirimu. Belakangan ini, tes kepribadian MBTI (Myers-Briggs Type Indicator) cukup populer digunakan. Tes ini dirancang untuk mengukur kecerdasan individu, bakat, dan tipe kepribadian seseorang,

Selain MBTI, ada juga tes kepribadian lain bernama Survey VIA, yang sangat bermanfaat mendeteksi keunggulan pada diri seseorang. Dengan mengetahui keunggulan pada diri sendiri ini membuatmu lebih memahami karakter yang kamu miliki.

Jika kamu telah mengetahui karakter dari dirimu, barulah kamu dapat mengaplikasikannya ke dalam dunia trading. Hasil yang didapatkan dari tes kepribadian itu dapat kamu kembangkan ke dalam trading, sehingga kamu melakukan trading dengan karakter yang telah kamu miliki berdasarkan tes kepribadian tersebut.

Sebagai contoh, tes kepribadian menunjukkan bahwa kamu adalah seseorang yang memiliki keunggulan suka belajar. Nah, maka kamu dapat mengembangkan poin “suka belajar” dengan mempelajari berbagai strategi atau rajin membaca buku-buku tentang trading forex.

Dengan begitu, trading dijalankan sesuai dengan kelebihan dan passion. Trading yang dilakukan sesuai dengan karakter dan passion berpotensi memiliki kesuksesan yang lebih tinggi dibandingkan dengan trading tanpa acuan apa pun. 

Pendapat Orang Lain

Kamu juga dapat mengandalkan pendapat orang lain untuk mengetahui keunggulan yang kamu miliki. Sebaiknya carilah teman atau kerabat terdekatmu yang dapat kamu tanyakan mengenai keunggulan yang kamu miliki. Kamu dapat mengembangkan persepsi diri yang lebih akurat dengan mendengarkan jawaban pihak eksternal.

Salah satu sumber paling terpercaya tentunya berasal dari pendapat sesama trader atau pebisnis. Perhatikan ketika teman-teman trader atau pebisnis tersebut memberikan umpan balik tentang kinerja trading Anda.

Jika kamu tidak memiliki kerabat yang juga sesama trader, sebaiknya carilah mentor trading yang dapat membantu mengenali karakter dan keunggulan trading yang kamu miliki. Sebaiknya, selektiflah memilih mentor yang ingin kamu jadikan sumber diskusi.

Carilah mentor yang benar-benar memiliki rekam jejak bagus. Hal ini tentunya untuk menghindari potensi penipuan yang mungkin saja bisa terjadi. Kami memiliki rekomendasi broker terpercaya yang memiliki mentor-mentor profesional dan telah berpengalaman di dunia derivatif selama puluhan tahun. Kamu dapat melihat rekomendasi kami dengan klik di sini!

Nah, itulah pembahasan mengenai cara mengenali keunggulan trading pada diri sendiri. Informasi di atas mungkin dapat kamu gunakan untuk mengenali keunggulan pada dirimu agar dapat kamu kembangkan.

Bagi kamu yang ingin mengetahui informasi lain seputar trading, kamu dapat bergabung dengan forum traderhub. Di forum traderhub, kamu dapat berdiskusi dengan trader lainnya. Selain itu, kamu juga dapat belajar dan melihat analisis trading dari para analis internasional. Yuk klik di sini!

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

ten + 14 =

  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.