fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Cara Mengukur Tingkat Kesuksesan Sistem Trading

Cara Mengukur Tingkat Kesuksesan Sistem Trading

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight
kesuksesan sistem trading

Mungkin Anda pernah bertanya-tanya tentang bagaimana cara mengukur tingkat kesuksesan sistem trading yang Anda jalankan? Sekarang tak perlu khawatir lagi! DI bawah ini akan kami uraikan parameter penting dalam mengukur kesuksesan sistem trading menurut David Jenyns, salah satu pakar dan pembuat sistem trading yang sukses. Apa saja? Yuk simak!

Win to Loss Ratio (Win Rate)

Untuk mengukur tingkat kesuksesan sistem trading, Anda dapat menghitung win rate dalam trading yang Anda lakukan. Win to Loss Ratio adalah perbandingan antara rata-rata trading yang Win versus yang Loss. Jika rasio ini menunjukkan Anda lebih sering Win daripada Loss, berarti sistem trading yang Anda gunakan dapat dikatakan berhasil.

Average Win dan Average Loss

Selain menghitung Win-to-Loss Ratio, Anda perlu memastikan bahwa rerata nilai pips atau Dolar saat Win lebih besar dibanding rerata Loss. Sebagai contoh, Anda melakukan 200 kali trading. Dari 200 kali tersebut, Anda mendapatkan 150 kali loss dan 50 kali win. Dengan kata lain, Win-to-Loss Ratio Anda adalah 15:75. Dengan mengalami loss sebesar 75 persen dari 200 kali tersebut, bukan berarti trading Anda buruk.

Anda juga harus menghitung average win dan loss-nya. Misalnya, Average Win pada sistem trading yang Anda lakukan adalah $2000, sedangkan Average Loss-nya adalah $500. Maka, sistem trading itu tetap dikatakan profitable karena (50×2000)-(150×500) = $25,000.

Loss Beruntun Maksimal

Untuk mengetahui kesuksesan sistem trading yang Anda lakukan, Anda juga dapat melihat jumlah loss beruntun pada sistem trading Anda. Jika banyak terdapat loss beruntun, maka sudah seharusnya Anda mempertimbangkan untuk mengganti sistem trading Anda agar kerugian trading Anda tidak berlarut-larut.

Namun, Anda juga harus memperhatikan sistem akumulasi. Jika Anda mengalami loss beruntun, tapi secara akumulasi tetap profit, maka itu bukan berarti sistem trading Anda buruk. Akan tetapi, Anda boleh berhenti untuk kembali ke akun demo untuk melakukan evaluasi dari sistem trading Anda yang mengalami loss beruntun. Jika sudah yakin, barulah Anda bisa kembali ke akun real.

Berapa Banyak Posisi Trading Yang Dibuka

Salah satu statistik penting yang jarang dibicarakan adalah berapa banyak peluang trading yang dihasilkan sebuah sistem dalam satu periode. Sistem trading yang bagus semestinya tidak memberikan sinyal terlalu jarang maupun terlalu sering.

Jika sebuah sistem trading memberikan sinyal terlalu banyak, hal ini akan berpotensi memaksa Anda untuk memilih di antara beberapa sinyal yang muncul tersebut, sehingga sistem trading akan bergantung kepada subjektivitas karena Anda tidak mampu menerima semuanya.

Di sisi lain, jika sistem trading memunculkan terlalu sedikit peluang trading, maka Anda tidak bisa  mendapatkan peluang trading yang ada di pasar secara maksimal. Oleh karena itu, sebaiknya carilah sistem trading yang peluangnya dapat disesuaikan dengan kemampuan modal Anda dan telah disesuaikan dengan manajemen risiko yang baik.

Return on Investment

Indikator terakhir untuk mengukur tingkat kesuksesan sistem trading Anda adalah dengan melihat profitabilitas atau Return on Investment (ROI) dalam periode tertentu. Menentukan periodenya dapat sesuai dengan manajemen risiko Anda, baik satu minggu, satu bulan, atau satu tahun.

Kita semua pasti setuju bahwa profit merupakan tujuan akhir dari trading yang kita lakukan, sehingga ini bisa dikatakan sebagai parameter paling penting. Dalam hal ini, Anda juga harus mempertimbangkan beberapa parameter lainnya yang telah disebutkan di atas.

Nah, itulah beberapa pembahasan mengenai cara mengukur tingkat kesuksesan sistem trading yang mungkin dapat Anda praktikkan. Sebaiknya pilihlah sistem trading yang menurut Anda paling nyaman. Kesuksesan sistem trading tidak bergantung pada serumit apa sistem trading tersebut, melainkan seberapa nyaman Anda menggunakannya.

Bagi Anda yang ingin mengetahui informasi lain seputar trading, Anda dapat bergabung dengan forum traderhub. Di forum traderhub, Anda dapat berdiskusi dengan trader lainnya. Selain itu, terdapat juga sinyal trading harian dari para analis internasional. Untuk bergabung, silakan klik di sini.

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

12 + thirteen =

×
×
×
  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.