fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Cara Membuat Trading Plan dalam 6 Langkah

Cara Membuat Trading Plan dalam 6 Langkah

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Trading plan adalah hal krusial yang sebaiknya disiapkan oleh para trader. Trading plan berisi sistem trading yang dibuat untuk dipatuhi oleh para trader. Isinya pun dapat disesuaikan berdasarkan kriteria-kriteria trader itu sendiri. Di bawah ini, kami akan menjelaskan 6 langkah cara membuat trading plan. Yuk simak!

Apa Itu Trading Plan?

Trading plan pada dasarnya adalah kerangka kerja yang memandu trader melalui seluruh proses trading. Umumnya, ini berisi mengenai di mana seorang trader memasuki perdagangan, mengidentifikasi pasar, keluar dari perdagangan, dan mengelola risiko di sepanjang jalan trading mereka. Trading plan memastikan akuntabilitas dan membuat trader tetap fokus pada strategi mereka.

Cara Membuat Trading Plan

1) Pilih Pendekatan Analitis

Pendekatan analitis menjawab pertanyaan “bagaimana kamu akan mengidentifikasi pasar?”. Ini bisa berupa kombinasi dari support dan resistance, garis tren, pola grafik, level Fibonacci, Moving Average, Teori Elliott Wave, sentimen, breakout, fundamental, dan masih banyak lagi.

Langkah awal trading plan ini membantu trader mempersempit fokus mereka pada beberapa skenario yang nyaman bagi diri mereka. Setelah itu, trader dapat mencari peluang untuk trading berdasarkan pengaturan trading yang disukai.

2) Pilih Pengaturan Trading Favorit

Pikirkan pendekatan analitismu sebelum membuat pengaturan trading. Sebagai contoh, kamu menyukai menggunakan pendekatan breakout. Dalam hal ini, tentunya grafik-grafik yang sedang mengalami sideways akan menjadi bahan pengaturanmu untuk menunggu momen.

Pengaturan didasarkan pada sejumlah faktor yang secara kolektif mengarah pada kemungkinan trading yang lebih tinggi. Jika kamu baru mengenal trading forex, proses ini mungkin memerlukan waktu untuk mengetahuinya. Namun, penting bagi trader untuk menemukan pengaturan trading yang paling sesuai untuk mereka.

3) Batasi Pasar yang Diawasi

Saat memulai, penting bagi trader untuk membatasi jumlah pasar yang menjadi fokus. Tidak ada pasar yang sama, dan membatasi ruang lingkup pasar dapat membantu trader untuk memahami nuansa pasar yang bersangkutan. Trader bahkan dapat fokus pada kerangka waktu tertentu di satu pasar untuk membiasakan diri dengan karakteristik dan pergerakannya.

4) Pikirkan Tentang Periode

Kerangka waktu akan tergantung pada jenis trader. Trader yang fokus pada trading jangka pendek, tentunya masuk ke dalam kategori trader harian. Trader jangka menengah biasanya melakukan trading hingga beberapa hari dan disebut sebagai swing trader. Trading jangka panjang melibatkan kerangka waktu mulai dari beberapa hari, minggu, bulan, hingga tahun.

5) Ketahui Toleransi Risiko

Setiap langkah dalam trading plan itu penting. Namun, jika manajemen risiko tidak ada, seluruh rencana akan berantakan. Dalam langkah ini, trader perlu menemukan toleransi risiko pribadi mereka, yang sesuai dengan seberapa jauh seorang trader bersedia membatasi risiko.

6) Memiliki Rutinitas

Trader harus menyisihkan waktu untuk merenungkan peristiwa minggu ini. Sebaiknya, tinjau trading plan secara teratur dan lakukan penyesuaian jika perlu. Tinjauan trading plan secara berkala adalah cara terbaik untuk memastikan kamu mengikuti proses yang diuraikan dalam trading plan.

Buat catatan atau simpan grafik yang berkaitan dengan pengaturan trading yang berhasil/tidak berhasil, yang dapat ditinjau nanti. Tujuan dari trading plan adalah untuk memberi kamu landasan dan batasan yang kuat untuk beroperasi dalam trading.

Nah, kira-kira itulah pembahasan beberapa hal yang perlu kamu siapkan untuk membuat trading plan. Pada dasarnya, setiap trader tentunya memiliki gayanya masing-masing. Informasi di atas mungkin dapat kamu jadikan referensi. Yuk semangat

Buat kamu yang ingin mengetahui informasi lain seputar trading, kamu dapat bergabung dengan forum traderhub. Di forum traderhub, kamu dapat berdiskusi dengan trader lain. Selain itu, juga terdapat analis profesional yang selalu memberikan pandangan di setiap harinya. Untuk gabung, silakan klik di sini.

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

17 − eleven =

  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.