TraderHUB

Berita Evergrande Menimpa Pasar, Apa itu Evergrande?

apa itu evergrande

Share This Post

Berita tentang Evergrande beberapa hari ini menjadi perbincangan hangat di kalangan analis dan investor. Beberapa hari lalu, polemik Evergrande memunculkan ketakutan investor dan berdampak besar pada pasar finansial. Sebenarnya apa itu Evergrande? Untuk lebih jelasnya, yuk simak artikel di bawah ini!

Apa Itu Evergrande?

Evergrande merupakan raksasa real estate China yang didirikan pada 26 Juni 2006 dan berkantor pusat di Shenzhen, China. Perusahaan ini merupakan induk investasi yang bergerak dalam pengembangan, investasi, dan pengelolaan properti real estate.

Tak hanya itu, Evergrande juga bergerak di bidang bisnis keuangan, operasional hotel, bisnis internet, bisnis industri kesehatan, dan masih banyak lagi. Bisnis real estate-nya yang mencapai 1300 proyek di lebih dari 280 kota membuat perusahaan ini dijuluki sebagai “Raksasa Real Estate”  atau “Raksasa Properti”.

Evergrande Group saat ini memiliki delapan anak usaha yang bergerak di berbagai industri besar, di antaranya Seperti Evergrande Real Estate, Evergrande New Energy Auto, Evergrande Property Services, HengTen Networks, FCB, Evergrande Fairyland, Evergrande Health, dan Evergrande Spring.

Masalah yang Menimpa Evergrande

Raksasa Real Estate China ini dikabarkan sedang di ujung kebangkrutan karena diperkirakan akan default atau gagal bayar bunga obligasi. Total utangnya diperkirakan senilai 300 miliar dolar. Sontak berita ini langsung menyebabkan pasar saham turun, kripto berdarah, dan indeks hang seng–yang mewakili bobot saham China dan Hong Kong–terjun bebas.

Seperti yang kita tahu, China adalah mitra dagang yang paling berpengaruh untuk lebih dari 100 negara di seluruh dunia.  Jika raksasa real estate di China ini runtuh, itu akan berdampak besar pada industri di seluruh dunia. Hal ini juga secara langsung akan mengurangi permintaan China untuk produk, komoditas, dan layanan internasional.

Kemungkinan default Evergrande ini juga mengingatkan investor akan peristiwa kebangkrutan bank investasi besar, Lehman Brothers, yang terjadi pada tahun 2008 karena utang senilai $600 miliar.  Kebangkrutan Lehman Brothers pada saat itu menyebabkan krisis keuangan global.

Oleh karena itu, pada saat itu Investor berbondong-bondong mengalihkan dananya ke aset safe haven seperti emas. Hal inilah yang membawa emas rebound sampai ke titik tertingginya di 1781-an pada hari Selasa lalu.

Masalah Evergrande Telah Teratasi?

Di balik polemik yang menimpa, China Evergrande Group telah mengatakan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan yang memungkinkan mereka dapat terhindar dari status gagal bayar. Namun, masih belum ada keterangan yang lebih jelas tentang ini.

Akibat pernyataan tersebut, pasar saham dan obligasi China yang dibuka kembali setelah libur perlahan-lahan mulai pulih. Hal ini juga memberi sedikit sentimen positif kepada harga saham dan hang seng untuk rebound.

Selain itu, muncul juga pernyataan bahwa Evergrande akan direstrukturisasi atau dibantu oleh Partai Komunis Tiongkok (PKT). Terlebih, kekhawatiran mulai sedikit mereda pada hari Rabu ketika People’s Bank of China menyuntikkan 90 miliar yuan ($13,9 miliar) ke dalam sistem perbankan sebagai upaya untuk mengurangi kekacauan yang berasal dari situasi Evergrande pada saat itu.

Namun, sebagian investor masih tetap khawatir tentang masa depan Evergrande. Bahkan, Kerry Craig (ahli strategi JP Morgan) mengatakan bahwa masih jauh untuk menyelesaikan masalah ini. Menurut Craig, jika masalah ini tidak cepat teratasi, maka akan mengakibatkan keruntuhan besar. Hal itu dikarenakan raksasa properti ini adalah bagian besar dari ekonomi China.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai polemik seputar Evergrande. Jika Anda ingin tahu berita-berita terupdate mengenai pasar, jangan sungkan untuk menanyakan kepada para profesional TraderHUB. Para profesional kami akan selalu siap memberikan bimbingan dan edukasi dengan sepenuh hati.

Kondisi ini adalah kesempatan emas untuk mengambil peluang dengan berinvestasi bersama TraderHUB. Di TraderHUB, Anda berkesempatan untuk mendapatkan edukasi, berita pasar, dan sinyal trading harian dari para analis profesional. Segera buka akun dan dapatkan banyak manfaatnya! Untuk buka akun, silakan klik di sini.

More To Explore