fbpx

COVID-19

TraderHUB > Entertainment > Corona > Berapa Lama Anda Dapat Menular Ketika Anda Memiliki Virus COVID-19?

Berapa Lama Anda Dapat Menular Ketika Anda Memiliki Virus COVID-19?

Posted by: Belinda Halim
Category: Corona, Lifestyle
Waktu Terinfeksi Virus Corona

Satu hal yang ingin kita ketahui adalah berapa lama orang yang memiliki SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan COVID-19, dapat menularkannya kepada orang lain. Mari kita simak apa yang dapat kita ketahui melalui ilmu pengetahuan sejauh ini:

Berapa lama yang dibutuhkan untuk mengalami paparan gejala COVID-19?

“Masa inkubasi” adalah waktu antara terpapar virus dan timbulnya gejala. Untuk COVID-19, periode inkubasi berkisar dari 1 hingga 14 hari. Tetapi kebanyakan orang yang mengalami gejala COVID-19 mengalaminya 4 sampai 6 hari setelah paparan.

Berapa lama periode “penularan” ini berlangsung?

“Periode menular” berarti waktu Anda dapat menyebarkan virus ke orang lain. Untuk COVID-19, ada bukti yang muncul untuk menunjukkan bahwa periode infeksi dapat mulai 1 hingga 3 hari sebelum Anda gejala berkembang. Periode yang paling dapat menular diperkirakan 1 hingga 3 hari sebelum gejala mulai, dan dalam 7 hari pertama setelah gejala mulai. Tetapi beberapa orang mungkin memiliki periode menular yang lebih lama. Gejala COVID-19 yang umum dilaporkan seperti: demam, batuk, dan kelelahan, biasanya berlangsung sekitar 9 hingga 10 hari tetapi ada kemungkinan dapat berlangsung lebih lama.

Credit Source: https://cdn.shortpixel.ai/client/q_glossy,ret_img,w_1360/https://www.thenextscope.com/wp-content/uploads/2020/04/Fred-The-Godson-falls-victim-to-COVID-19.jpg

Mengapa beberapa orang dapat mengalami periode menular yang lebih lama?

Biasanya dengan virus, semakin tinggi viral load, semakin banyak virus yang beredar di dalam tubuh, maka semakin tinggi risiko penularan melalui cara penularan yang telah diketahui. Sebuah penelitian yang dilakukan di Hong Kong mengamati viral load pada 23 pasien yang didiagnosis dengan COVID-19 menemukan viral load yang lebih tinggi pada minggu pertama pasien-pasien tersebut sakit. Tidak ada virus yang terdeteksi melalui pengujian. Terdapat kasus di mana pasien-pasien memiliki viral load yang jauh lebih tinggi dan dinyatakan positif setelah diuji, 10 hari setelah gejala dimulai. Jadi semakin parah penyakitnya dan semakin tinggi viral loadnya, maka semakin lama Anda dapat terlepas dari virus dan memiliki periode menular yang lebih lama.

Kapan Anda tidak lagi menular?

Satu studi dari Hong Kong menemukan virus dapat dideteksi selama 20 hari atau lebih lama setelah timbulnya gejala awal pada sepertiga dari jumlah pasien yang dites. Studi lain dari Cina menemukan virus dalam sampel tinja pasien, lima minggu setelah timbulnya gejala pertama. Tetapi deteksi virus tidak selalu berarti orang-orang tersebut menular. Dibutuhkan lebih banyak penelitian dengan ukuran sampel yang lebih besar untuk mencari tahu.

Haruskah Anda diuji lagi sebelum kembali ke komunitas Anda?

Orang-orang yang telah melakukan self-quarantine dan telah menyelesaikan masa karantina selama 14 hari tanpa mengalami gejala apapun, dapat kembali ke komunitas masing-masing. Tidak ada persyaratan untuk diuji sebelum kembali ke komunitas masing-masing. Namun, disarankan agar mereka terus mempraktikkan physical distancing dan kebersihan yang baik sebagai tindakan pencegahan.

Seseorang dianggap aman untuk kembali ke komunitas dan dapat menghentikan self-quarantine jika mereka tidak lagi menular. Ini berarti mereka telah mengembangkan gejala pertama mereka lebih dari 10 hari sebelumnya dan belum mengalami gejala apa pun selama setidaknya 3 hari (72 jam). Untuk orang yang dirawat di rumah sakit dengan penyakit yang lebih parah, ada persyaratan pengujian sebelum pulang yang berbeda. Mereka akan memiliki dua penyeka yang diambil 24 jam terpisah untuk memeriksa apakah mereka telah bersih dari virus. Jika kedua penyeka negatif, penyeka dapat dibuang dan tidak memerlukan self-quarantine lebih lanjut.

Author: Belinda Halim

Leave a Reply

nineteen − 12 =

  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.