fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Beberapa Mitos Analisis Teknikal yang Perlu Diketahui Trader

Beberapa Mitos Analisis Teknikal yang Perlu Diketahui Trader

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Berbicara mengenai analisis teknikal, beberapa trader penganut analisis teknikal mungkin menganggap bahwa analisis ini merupakan senjata kuat untuk mengetahui posisi masuk maupun keluar pasar. Namun, kamu juga harus mengetahui mitos-mitos analisis teknikal untuk menghindari kesalahpahaman mengenai teknik ini.

Kemajuan internet membuat kita dapat dengan mudah mencari informasi-informasi mengenai analisis trading. Akan tetapi, beberapa informasi terkadang tidak semuanya akurat. Nah, di bawah ini akan dijelaskan mitos-mitos mengenai analisis teknikal yang mungkin dapat bermanfaat buat kamu dan membuatmu lebih memahami teknik analisis ini. Yuk simak!

Hanya Digunakan untuk Trading Jangka Pendek

Analisis teknikal adalah analisis yang melihat pola-pola pergerakan harga pada grafik. Besarnya potensi keakuratan dari teknik analisis ini dianggap berguna untuk mengetahui posisi entry. Beberapa trader mengatakan bahwa analisis ini hanya cocok digunakan untuk scalper atau trader jangka pendek.

Anggapan tersebut tidaklah benar. Faktanya, analisis teknikal juga dapat digunakan untuk trading jangka panjang. Analisis ini dapat digunakan untuk membaca tren dari semua time frame jangka panjang, seperti weekly atau bahkan monthly.

Jadi dapat disimpulkan bahwa analisis teknikal tidak hanya cocok untuk scalper saja, melainkan juga cocok untuk trader jangka panjang. Hal yang terpenting adalah bagaimana menyesuaikan analisis ini sesuai dengan tujuan investasi yang kamu lakukan, yaitu jangka panjang atau jangka pendek.

Memiliki Tingkat Keberhasilan Rendah

Mitos selanjutnya adalah pendapat yang mengatakan bahwa analisis teknikal merupakan analisis yang memiliki tingkat keberhasilan rendah. Faktanya, banyak trader-trader penganut teknikal yang bisa sukses dalam trading.

Kita bisa menemukan nama-nama trader sukses penganut teknikal seperti Ed Seykota, Bruce Kovenr, D. Schwager, Michael Marcus, dan masih banyak lagi. Mungkin bagi sebagai trader yang mengira bahwa analisis teknikal memiliki tingkat keberhasilan rendah dikarenakan sifatnya yang lagging atau lambat.

Namun, pada faktanya juga terdapat indikator-indikator teknikal yang bersifat leading, seperti stochastic, RSI, dan lain-lain. Indikator tersebut dapat menggambarkan kekuatan tren yang sedang terjadi serta dapat mengidentifikasi posisi masuk dari sinyal overbought atau oversold.

Jadi dapat disimpulkan, bahwa setiap analisis trading, khususnya analisis teknikal, semuanya dapat memiliki potensi keberhasilan yang tinggi asalkan dapat digunakan semaksimal dan seefektif mungkin sesuai dengan fungsi-fungsinya.

Akurasi Analisis Mencapai 100 persen

Mitos selanjutnya mengenai analisis teknikal adalah pendapat yang menyatakan bahwa akurasi analisi ini mencapai 100 persen. Padahal, setiap strategi dalam trading tidak ada yang dapat memberikan potensi keakuratan 100 persen.

Meskipun potensi akurasi strategi dapat dikatakan besar, akan tetapi tetap tidak dapat melawan sifat pasar yang sulit diprediksi. Pasar sangat volatil dan segala hal yang tidak mungkin dapat menjadi mungkin di pasar. Analisis teknikal yang kita lakukan bisa saja salah dan tidak sesuai dengan prediksi.

Oleh karena itu, perlu ditekankan bahwa tidak ada strategi sempurna yang dapat memberikan potensi keuntungan 100 persen. Hal yang terpenting adalah bagaimana cara melengkapi kelemahan-kelemahan dari setiap strategi untuk mencapai potensi akurasi yang lebih besar.

Software Analisis Teknikal Sangat Menguntungkan

Mungkin bagi sebagian trader pernah mendengar iklan mengenai penjualan software teknikal dengan iming-iming profit yang besar. Perlu kamu ketahui, kamu sebaiknya hati-hati dengan individu atau kelompok yang menjual software dengan iming-iming fixed profit ini.

Software teknikal hanya dapat bekerja berdasarkan data-data yang ada pada chart, sehingga tidak memungkinkan disesuaikan dengan fundamental-fundamental yang sedang terjadi. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui plus dan minus sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan software teknikal.

Selain itu, untuk memaksimalkan analisis teknikal, kamu juga sebaiknya mempertimbangkan berita-berita fundamental. Hal tersebut dikarenakan berita fundamental juga berdampak besar dalam pergerakan pasar.

Kamu bisa menjadikan analisis teknikal sebagai sinyal konfirmasi dari analisis fundamental yang kamu lakukan. Dengan begitu, potensi keberhasilan analisis yang kamu lakukan akan semakin besar.

Nah, jadi itulah pembahasan mengenai mitos analisis teknikal yang perlu kamu ketahui agar tidak terjadi kesalahpahaman mengenai teknik analisis satu ini. Bagi kamu yang ingin mengetahui informasi lain seputar trading, kamu dapat bergabung dengan forum traderhub.

Di forum traderhub, kamu dapat berdiskusi dengan trader-trader lainnya. Selain itu, kamu juga dapat belajar dan melihat analisis trading dari para analis lokal maupun internasional. Bagi kamu yang berminat untuk bergabung, yuk klik di sini!

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

five + 19 =

  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.