fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > BEBERAPA BUKU KEUANGAN YANG MENARIK UNTUK DIBACA

BEBERAPA BUKU KEUANGAN YANG MENARIK UNTUK DIBACA

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight
Buku keuangan

Pengetahuan sangat dibutuhkan untuk berbagai macam hal, tak terkecuali untuk bidang finansial. Dalam mengelola keuangan, mengelola bisnis ataupun hal-hal yang berhubungan dengan finansial, setidaknya kita harus memiliki modal pengetahuan yang dapat kita temukan dari membaca ataupun bertanya kepada orang yang lebih tahu.

Nah, buat kamu yang sedang mencari buku-buku seputar keuangan, berikut rekomendasi buku-buku seputar keuangan yang menarik untuk dibaca! Yuk disimak!

Rich Dad, Poor Dad

Pict by: Wilnov.com

Buku ini adalah buku yang terbilang cukup lama, terbit pertama kali pada tahun 1997. Akan tetapi, isi dalam buku ini sangat bermanfaat sekali dan masih relevan dengan dunia sekarang.

Rich Dad, Poor Dad adalah buku karangan Robert Kiyosaki, di dalam buku ini berisi pengalamannya mengenai dua ayah yang ia miliki. Ayahnya yang satu merupakan seorang pria berpendidikan tinggi namun miskin, sedangkan yang satunya lagi adalah seorang ayah yang putus sekolah tapi menjadi jutawan.

Buku ini memberikan motivasi kepada pembaca tentang bagaimana cara menyikapi keuangan. Singkatnya, seseorang tidak apa miskin tetapi pikirannya tentang uang haruslah kaya. Pikiran yang “kaya” itulah yang akan membuat kemiskinan tersebut sedikit demi sedikit akan hilang.

Selain itu, buku ini membuat seseorang untuk berpikir bagaimana mempekerjakan uang yang dimiliki, bukan bekerja demi mendapatkan uang. 

Mempekerjakan uang yang dimaksud dalam buku ini adalah perluasan uang yang kita miliki, yaitu dengan investasi ataupun bisnis. Sehingga, dari investasi dan bisnis tersebut, uang yang dimiliki akan terus berputar hingga mencapai suatu kebebasan finansial.

Personal Finance for Dummies

Pict by: Goodreads.com

Buku yang ditulis oleh Eric Tyson ini juga merupakan buku terbitan lama, terbit pertama kali pada tahun 1994. Akan tetapi, buku ini masih sangat relevan dengan kondisi sekarang ini yang menyajikan bagaimana cara mengelola keuangan dengan cara sederhana

Eric tyson menjabarkan hal-hal mengenai bagaimana cara kita untuk mengelola keuangan dengan menentukan skala prioritas dari pengeluaran yang kita miliki. Selain itu, ia juga menjabarkan mengenai bagaimana cara seseorang untuk memanfaatkan suatu utang yang ia punya.

Buku ini dikemas dengan bahasa yang ringan dan to the point, sehingga mudah dipahami. Selain itu, segala informasi dalam buku ini merupakan informasi mendasar yang dapat diterapkan oleh siapapun dan dengan pendapatan berapapun. Buku ini sangat cocok buat kamu yang sedang ingin memperbaiki kondisi finansial untuk menjadi lebih baik.

Financially Fearless

Pict by: Goodreads.com

Buku Financially Fearless terbit pertama kali pada tahun 2013. Buku karangan Alexa Von Tobel ini berisi mengenai kiat-kiat mengelola suatu anggaran dalam keuangan yang dimiliki seseorang. Buku ini terkesan modern karena di dalamnya kamu tetap dapat menikmati gaya-gaya hidupmu tanpa harus berpikir pendapatan yang kamu miliki akan habis.

Pembaca akan disuguhkan tentang pentingnya memiliki tujuan dari keuangan yang kita miliki, yaitu dengan membaginya ke dalam beberapa kategori. Kamu juga tak perlu khawatir, buku ini tidak membosankan karena kamu tidak akan dipaksa untuk mencapai suatu impian dengan mengesampingkan hobimu.

Di dalam buku ini akan dijelaskan bagaimana cara membagi pendapatan yang kita miliki dengan menyisakan 30 persen dari pendapatan untuk bersenang-senang. Dengan membaca buku ini, penulis akan mengajak kamu untuk terjun ke dalam dunia yang menyenangkan dengan menabung tanpa beban.

The Money Book for The Young Fabulous and Broke

Pict by: Goodreads.com

Buku The Money Book for The Young Fabulous and Broke ditulis oleh Suze Orman. Buku ini sangat cocok untuk para kawula muda yang ingin memahami segala hal yang berkaitan dengan pengelolaan finansial.

Di dalam buku ini berisi mengenai pengelolaan anggaran, cara memilah dana darurat, bahkan sampai trik membeli mobil dalam waktu singkat. Selain itu, buku ini juga berisi mengenai apa saja yang dibutuhkan demi menciptakan suatu pengelolaan anggaran yang baik.

Kamu tak perlu khawatir akan pusing jika membaca buku ini, hal ini dikarenakan buku ini dikemas dengan bahasa yang sederhana, sehingga dapat mudah dimengerti ataupun mudah dibaca untuk siapa saja.

Unshakeable: Your Financial Freedom Playbook

Pict by: Amazon.com

Jika kamu membutuhkan rekomendasi buku yang dapat membantu kamu dalam hal mengelola keuangan dengan cara berinvestasi, buku ini adalah pilihan yang tepat.

Buku Unshakeable: Your Financial Freedom Playbook terbit pada tahun 2017. Buku ini  ditulis oleh Tony Robbins , yaitu salah satu pakar yang sudah berpengalaman di bidang investasi. Buku ini berisi kiat-kiat untuk mencapai suatu financial freedom dengan berinvestasi.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan tips-tips mengenai cara untuk meningkatkan aset yang kamu miliki ataupun cara untuk mempertahankan investasi yang kamu miliki di masa yang sulit. Buku ini sangat direkomendasikan untuk para investor pemula maupun investor berpengalaman.

Nah, untuk kamu yang juga ingin diskusi mengenai investasi. Kamu juga dapat bergabung dengan forum trader hub. Disana kamu dapat berdiskusi dengan para trader-trader lain. Kamu juga dapat melihat sinyal-sinyal dari guru profesional mengenai investasi. Yuk klik di sini!

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

one × three =

  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.