fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Bagaimana Tips Close Order atau Keluar Pasar yang Ideal?

Bagaimana Tips Close Order atau Keluar Pasar yang Ideal?

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Dalam trading, masuk-keluar pasar tentunya merupakan sesuatu yang lumrah dilakukan oleh trader. Namun, terkadang sebagian dari kita hanya belajar dan terlalu fokus tentang bagaimana cara masuk pasar tanpa memikirkan bagaimana caranya keluar pasar. Sebenarnya bagaimana sih tips close order yang ideal? Nah, untuk mengetahuinya, yuk simak artikel di bawah ini!

Lebih Baik Manual atau Otomatis?

Pada dasarnya, keluar pasar atau close order bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu dengan cara manual dan cara otomatis. Close order secara manual berarti Kamu-lah yang akan memutuskan kapan akan menutup posisi dan Kamu yang akan langsung mengeksekusinya sendiri melalui platform metatrader yang Kamu miliki.

Sedangkan, close order secara otomatis dilakukan dengan mengkamulkan fitur pada platform metatrader, yaitu fitur stop loss, take profit, dan trailing stop. Dengan fitur-fitur ini, Kamu dapat menentukan pada level berapa posisi Kamu akan tertutup. Platform metatrader akan secara otomatis menutup posisi Kamu jika harga telah mencapai level yang telah Kamu tentukan.

Close order secara manual maupun otomatis keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Jika Kamu memutuskan untuk close order secara manual, maka Kamu diharuskan untuk fokus dan selalu memantau chart agar posisi Kamu dapat ditutup pada level yang tepat. Jangan sampai posisi trading yang sudah profit justru jadi berbalik rugi karena Kamu terlambat menangkap momen.

Meskipun begitu, beberapa trader juga ada yang tidak ingin mengambil risiko dengan memilih close order secara otomatis melalui fitur stop loss, take profit atau trailing stop. Melalui fitur ini Kamu dapat menargetkan suatu level exit pada jarak yang ideal dan tidak perlu repot-repot memantau chart terus-menerus.

Namun, close order secara otomatis juga memiliki kelemahan, terutama jika digunakan saat volatilitas harga sedang tinggi dan bergejolak. Untuk mengatasi ini, para trader biasanya akan memperlebar range stop loss dan take profit mereka atau memutuskan untuk tidak masuk pasar sama sekali.  

Close Order Berdasarkan Analisa

Pasar sangat volatil dan sulit diprediksi. Namun, bukan berarti analisa yang kita lakukan akan selalu salah. Pada dasarnya, tiap strategi atau analisa memiliki tingkat probabilitas masing-masing yang juga diakumulasi dengan psikologi trader itu sendiri.

Kamu masih bisa mendapatkan sinyal close order dari bantuan analisa, baik secara fundamental maupun teknikal. Sebagai contoh, Kamu bisa merencanakan close order di level resistance pada saat entry buy atau merencanakan close order di level support pada saat entry sell.  

Apabila Kamu masuk pasar dengan mengkamulkan strategi crossing indikator MA, maka Kamu dapat menggunakan crossing MA berikutnya untuk close order. Tentunya teknik close order berdasarkan teknik crossing MA ini hanya bisa dilakukan dengan cara manual.

Hal ini tentunya berbeda dengan close order yang dilakukan berdasarkan support dan resistance. Close order berdasarkan support dan resistance dapat Kamu lakukan secara otomatis melalui fitur stop loss dan take profit pada metatrader.

Close Order Berdasarkan Manajemen Risiko

Sesuai namanya, teknik forex ini memperhitungkan risiko sebagai faktor utama dalam penentuan langkah close order. Teknik close order ini dapat memberikan hasil baik yang konsisten jika dilakukan dengan baik dan disiplin.

Untuk menerapkan close order berdasarkan manajemen risiko, tentunya hal utama yang harus Kamu perhatikan adalah modal dan rencana trading yang Kamu miliki. Hitunglah berapa ketahanan modal Kamu, berapa target profit harian yang ingin Kamu raih, dan berapa batas kerugian harian yang dapat Kamu terima.

Jika sudah direncanakan secara terstruktur, cobalah untuk menaati rencana yang sudah dibuat tersebut. Namun, jika Kamu masih belum paham cara menghitung manajemen risiko sesuai dengan modal yang Kamu miliki, jangan ragu untuk berdiskusi di forum traderhub. Di forum traderhub, kamu dapat berdiskusi dengan trader lainnya. Selain itu, kamu juga dapat belajar dan melihat analisis trading dari para analis internasional. Yuk klik di sini!

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

3 + 2 =

×
×
×
  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.