fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Bagaimana Cara Melihat Trading Secara Realistis? Baca Ini!

Bagaimana Cara Melihat Trading Secara Realistis? Baca Ini!

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight
trading secara realistis

Ini adalah artikel tentang mimpi indah para trader yang umumnya ingin meruntuhkan realitas pasar keuangan, dan tentang pertanyaan abadi “bagaimana cara menghasilkan uang dalam forex?”. 

Jangan takut dengan pengantar barusan, karena artikel ini mungkin saja dapat membantumu untuk menjadi trader yang memiliki mindset cerdas. Bagaimana cara melihat trading secara realistis? Yuk simak! 

Mencoba Membuktikan Sesuatu

Cobalah untuk mengingat masa kecilmu. Kamu membuat istana pasir, berlari dan tertawa, bermain dengan mainan dan masih banyak hal lainnya. Kemudian, ingat ketika masa sekolah, beberapa dari kita mungkin ada yang tidak begitu menyukai sekolah– kamu harus belajar, menerima nilai bagus, mengerjakan PR, membaca buku pelajaran yang berbeda dan sebagainya.

Masing-masing dari kita mungkin tahu bahwa selain kesenangan, kegembiraan, dan tawa, ada juga kesedihan, kemarahan, rasa malu dan emosi negatif lainnya. Merupakan sifat manusia untuk mencoba menghindari “hal-hal yang tidak menyenangkan” dan mencari sesuatu yang menyenangkan.

Di sekolah, tidak ada yang menanyakan pelajaran mana yang kamu sukai, kamu harus mempelajari semuanya. Kamu diberi tugas untuk melakukan “sesuatu” yang mungkin tidak kamu sukai sama sekali. 

Selanjutnya, jika kamu telah melakukan itu dengan buruk, kamu mendapat nilai buruk, dikritik, atau bahkan dimarahi. Kemudian kamu mulai menghujat dirimu sendiri dengan berpikir “bahwa dirimu bodoh”

Di sisi lain, ketika kamu melakukan “hal ini” dengan baik, kamu dipuji (kadang-kadang, bahkan di depan kelas). Karena kita semua telah hidup seperti itu selama lebih dari sepuluh tahun, kamu mulai terbiasa menghujat diri sendiri.

Dan pada akhirnya, kamu mulai berjuang untuk “sukses”, tetapi bukan untuk sesuatu yang KAMU PERLUKAN, melainkan hanya merupakan sebuah PERLAWANAN dari “kegagalan”. Artinya, kamu pada kenyataannya mulai memaksakan diri.

Sukses adalah hal yang sangat baik ketika kamu benar-benar menyukai apa yang kamu lakukan, dan kamu hanya ingin melakukannya dengan baik. Jika kamu memiliki niat trading sebagai “perlawanan” atas keinginan untuk mengubah hidupmu saat ini, kamu harus berpikir ulang dan memahami bahwa trading “bukanlah hal yang dapat membuatmu kaya dalam sekejap”. Semua butuh proses.

Trading Sederhana Jika Kamu Menyukainya

Ciri khas dari “kecemasan batin” adalah bahwa kamu tidak dapat melakukan sesuatu dengan damai, dengan penuh pertimbangan, tanpa terburu-buru. Jika kamu berdiri di atas bara api, kamu tidak akan berpikir untuk mencari air atau salep bakar di sekitarmu, kamu hanya ingin menghindar secepat mungkin.

Trader pemula berperilaku dengan cara yang sama: Mereka ingin sukses dari trading. Karena “kecemasan batin” ini, mereka membutuhkan kesuksesan itu SESEGERA MUNGKIN, sehingga mereka akan mencari cara yang lebih cepat untuk berhasil, karena mereka TIDAK PUNYA WAKTU untuk mempelajari pelajaran secara menyeluruh.

Di situlah semua orang terjebak karena pikiran mereka sendiri. Kamu membaca artikel trading, kemudian melihat banyak omong kosong seperti “manajemen uang”, “manajemen risiko”, “psikologi trading” dan berpikir, “Hei, apa gunanya? Semua ini untuk apa? Saya bisa order beli di sini dan order jual di sana. Mengapa saya perlu mempelajari seluruh hal tak penting ini?”. Inilah salah satu pemikiran yang akan menghancurkanmu.

Pasar Itu Bukan Mesin

Pasar bukanlah sejenis mesin. Kamu tidak dapat “mempelajarinya” seperti perangkat elektronik: “Yah, jika saya pasang kabel ini ke stop kontak, tv akan menyala”. Namun, sayangnya trading tidak sepasti itu.  Ketika kamu baru mulai mempelajari hal-hal yang berbeda seperti “head and shoulders”, “Double bottom”, dan seterusnya, otakmu mengharapkan proses serupa.

Otakmu mengharapkan sesuatu yang pasti. Jika garis leher ditembus maka harga akan turun. Namun, kenyataannya harga pasar naik! Oleh karena itu, tidak ada satupun sistem trading yang menjamin keakuratan seratus persen. Tugas kita sebagai trader adalah mencari peluang dan menambah pengetahuan agar potensi keakuratan semakin besar. Pada dasarnya trading itu mudah jika kita mau berusaha untuk selalu belajar.

Nah, bagi kamu yang ingin berdiskusi lebih lanjut mengenai masalah-masalah trading atau kesulitan tradingmu, kamu bisa berdiskusi bersama mentor profesional traderhub dengan bergabung di forum traderhub. Silakan klik di sini.

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

3 × one =

  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.