fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > Aturan Umum untuk Manajemen Trading (Part 2)

Aturan Umum untuk Manajemen Trading (Part 2)

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Pada artikel sebelumnya, kami telah menguraikan beberapa aturan umum untuk manajemen trading. Nah, buat kamu yang ingin mengetahui aturan-aturan umum lainnya, yuk baca artikel aturan umum berikutnya di bawah ini!

1. Semakin Tinggi Volume, Semakin Tinggi Risiko

Profesional mengatakan, kerugian Anda tidak boleh lebih dari 5-10% dari deposit Anda dalam sehari. Masuk akal untuk memotong kerugianmu sebelum menjadi lebih banyak, misalnya menjadi 3%. Tentu saja, aturan ini hanya berfungsi asalkan Anda trading dengan jumlah uang yang relatif besar.

Jika Anda trading dengan 10 dolar, Anda tidak harus mengambil kerugian 10 sen. Bagaimanapun, hampir tidak ada gunanya trading dalam 10 dolar.

2. Istirahat Jika Loss Beruntun

Kamu harus istirahat setelah serangkaian trading yang merugi. Berapa banyak trading merugi yang perlu kamu hadapi sebelum melakukan istirahat? Idealnya, kamu sebaiknya istirahat setelah tiga posisi order yang mengalami kerugian beruntun. Namun, beberapa trader ada juga yang memilih istirahat ketika mengalami 5 kerugian beruntun. Semuanya tergantung dengan kriteria jurnal tradingmu.

3. Jangan Masuk Atau Keluar Terlalu Sering

Jika kamu membuka dan menutup posisi terlalu sering maka potensi kerugianmu akan semakin besar. Terkadang, trading secara agresif dapat menghasilkan beberapa keuntungan. Namun, risikonya juga cukup besar. Masuk-keluar posisi terlalu sering juga dapat disebut dengan strategi scalping. Strategi scalping membutuhkan fokus dan keterampilan yang cukup mumpuni.

4. Jangan Melawan Tren

Tren adalah temanmu. Dalam beberapa kasus, kamu mungkin mendapat keuntungan ketika melawan tren. Namun, tindakan ini sangat berisiko. Trader kontrarian, yang bertindak bertentangan dengan mayoritas mungkin lebih suka melawan tren.

Beberapa dari trader kontrarian mengklaim bahwa itu satu-satunya cara untuk mengambil alih pasar. Tetapi, trader tidak akan berhasil tanpa pelatihan yang tepat dan keterampilan tertentu.

5. Jangan Pernah Gunakan Martingale

Martingale adalah strategi yang sangat berisiko besar. Strategi ini akan menghancurkan akunmu. Martingale memang merupakan strategi yang memberikan keuntungan besar, bahkan jika kamu tidak memiliki keahlian apapun.

Namun, strategi ini harus memiliki ketahanan akun yang besar. Mungkin beberapa kesempatan kamu bisa beruntung, tapi jika kamu sudah mengalami kerugian beruntun dan tidak dapat membalikkan kerugian tersebut, emosimu akan bergejolak hingga kamu memasang taruhan “semua atau tidak sama sekali”.

6. Simpan Apa yang Kamu Peroleh

Sudahkah kamu withdraw hari ini? Kamu harus lebih menghargai uang. Saldo di akun tradingmu itu adalah uang sungguhan. Cobalah untuk melakukan withdraw, paling tidak sejumlah modal awalmu. Uang yang didapat adalah milikmu dan kamu harus lebih menghormatinya.

Belajarlah untuk menghargai uangmu. Bahkan jika kamu tidak membutuhkannya. Oleh karena itu, jangan sia-siakan di pasar. Tujuan trading memang untuk mencari keuntungan, tapi yang utama adalah untuk mempertahankan modal.

Jika kamu memiliki mindset bahwa trading adalah untuk mempertahankan modal, kamu akan lebih respect uangmu, sehingga segala yang kamu lakukan penuh analisa yang matang. Dengan begitu, keuntungan akan datang dengan sendirinya.

7. Jangan Trading Malam Hari Jika Tidak Bisa Begadang

Peluang pasar bisa terjadi kapanpun, baik pagi, siang, sore ataupun malam. Jika kamu tidak biasa begadang, sebaiknya jangan terlalu memaksakan untuk trading pada malam hari.  Kamu harus cukup tidur dan istirahat. Trading adalah psikologi. Pikiranmu akan lebih produktif jika kamu memiliki cukup waktu untuk beristirahat.

Nah, itulah pembahasan aturan-aturan mengenai manajemen trading yang tentunya dapat menjadi introspeksi untukmu. Pada dasarnya, membaca memang lebih mudah daripada mempraktikkan. Namun, semua hal bisa menjadi “mungkin” jika kita ingin berusaha. Yuk gabung forum traderhub untuk diskusi lebih lanjut dengan klik di sini.

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

13 − 7 =

  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.