TraderHUB > Entertainment > Business Insight > 6 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Broker/Pialang

6 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Broker/Pialang

Posted by: Novi R
Category: Business Insight

Untuk memulai trading, seorang trader harus menjadi salah satu nasabah pada sebuah perusahaan pialang/broker. Sebuah perusahaan pialang/broker akan menjadi penghubung antara trader dengan pasar, baik dalam bentuk forex/valas, derivatif, maupun komoditi.

Memilih broker/pialang merupakan salah satu langkah penting untuk masuk ke dunia trading, terutama untuk trader pemula. Jika kita salah pilih broker kemungkinan loss/kerugian akan semakin besar dan skenario terburuknya, kita mendaftar di broker yang tak jelas legalitasnya.  

Oleh karena itu, kali ini Traderhub akan memberikan beberapa tips dalam memilih broker. Yuk simak!

Pilih Broker Resmi

Pastikan memilih broker yang terdaftar secara resmi ke dalam Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEPTI).  Kita sebagai nasabah mendapatkan perlindungan resmi dari pemerintah karena semua regulasi dan penyelesaian semua masalah dengan broker akan mendapatkan kepastian hukum. Daftar lengkap broker yang telah terdaftar dapat dicek di sini

Apabila broker yang dipilih telah terdaftar, maka kita akan menemukan alamat kantor broker dengan mudah. Selain itu, biasanya broker akan memiliki website yang dapat kita cek sebagai ‘wajah’ perusahaan mereka. Pastikan bahwa mereka memberikan disclaimer/peringatan maupun pemberitahuan resiko sebagai bukti transparansi.  

Track Record yang Bagus

Pilihlah broker yang memiliki track record yang bagus dan tidak memiliki catatan yang buruk maupun dibekukan surat izinnya. Sedangkan untuk broker yang baru, kita dapat melihat struktur perusahaannya dan melakukan background check nama-nama direksi maupun business consultant di internet.

Sebagai bukti yang lebih akurat, kita bisa cek testimoni/review dari nasabah-nasabah yang sudah menggunakan jasa broker. Gunakan beberapa website review agar mendapatkan review yang seimbang.

Biaya dan Regulasi Transaksi

Sebagai investor tentu kita ingin mendapatkan profit sebesar-besarnya dari nilai investasi kita. Jangan sampai kita memilih broker dengan biaya-biaya yang terlalu tinggi. Biaya yang dimaksud mulai dari minimum rates, komisi, swap, maupun biaya-biaya yang lain karena setiap perusahaan mungkin akan meminta fee yang berbeda-beda.

Selain itu, kita harus memperhatikan bagaimana regulasi untuk setor dan penarikan dana. Kita juga harus mempertimbangkan berapa durasi yang dibutuhkan untuk registrasi maupun verifikasi akun karena pergerakan market yang cepat dapat mempengaruhi profit kita.

Aplikasi yang Aman dan Terpercaya

Setiap broker menggunakan aplikasi khusus dalam bertransaksi. Kita dapat memastikan aplikasi mereka berjalan dengan baik, biasanya mereka akan memberikan akun demo/trial untuk test drive dengan menggunakan kondisi pasar yang real pada saat itu. 

Ketika mencoba aplikasi broker, cobalah untuk menguji keamanan/security yang mereka gunakan saat kita melakukan trading dengan instrumen investasi yang kita pilih. Selain itu, pastikan navigasi aplikasi mudah di pahami

Edukasi klien

Broker yang baik pasti ingin nasabahnya memiliki profit yang besar agar nasabah benar-benar merasakan manfaat investasi derivatif. Oleh karena itu, biasanya mereka akan memberikan edukasi melalui tutorial-tutorial maupun seminar agar nasabah semakin profit.

Bagi pemula, dapat mengetahui istilah-istilah dalam trading merupakan salah satu indikator bahwa broker tersebut merupakan broker yang mudah diakses dan terbuka. Pastikan edukasi yang broker berikan berasal dari sumber terpercaya.

Pelayanan Customer Service (CS) 24/7

Jika kamu seorang trader pemula, pastikan pelayanan CS broker dapat diakses kapanpun sehingga kita merasa lebih tenang selama bertransaksi. Biasanya broker yang baik akan menyediakan CS selama 24/7.

Layanan CS yang baik juga didukung dengan chat, email maupun telepon yang direkam. Sehingga nasabah memiliki record yang valid apabila terjadi hal yang tidak diinginkan di waktu yang akan datang. Kita dapat menilai broker yang memiliki layanan ini merupakan broker yang dapat mempertanggungjawabkan saran/solusi yang mereka berikan.

Sekarang kita sudah siap memilih broker mana yang akan kita gunakan. Segera set up akun dan bertransaksi untuk mendapatkan profit sebanyak mungkin.

Author: Novi R

Leave a Reply

eleven + 3 =

1 Comment

×
×
×
  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.