TraderHUB > Entertainment > Hiburan > 5 Rekomendasi Film Tentang Investasi

5 Rekomendasi Film Tentang Investasi

Posted by: Novi R
Category: Hiburan

Salah satu time killer yang seru saat merasa bosan saat pandemi adalah nonton film. Layanan streaming film legal yang semakin menjamur, memudahkan kita untuk mengakses berbagai film dari mana dan kapan saja, termasuk dari rumah. Pilihan film yang disediakan pun bervariasi mulai dari genre keluarga, romantis, komedi, horror hingga dokumenter.

Dari menonton film, kita dapat belajar banyak hal juga lho, salah satunya investasi. Meskipun beberapa film murni cerita fiksi namun kita tetap bisa belajar tentang dunia investasi karena setiap film memiliki tim riset agar ‘dunia’ yang dibangun terasa lebih believable.

Nah, di bawah ini Traderhub bakal memberikan rekomendasi 5 film bertema investasi. Yuk, simak

The Big Short (2010)

Poster Big Short

Jika kamu seorang pemula di dunia investasi, film ini cocok baget buatmu. Film ini berkisah tentang bagaimana beberapa trader dan hedge fund manager yang melihat trend penurunan pasar perumahan yang dapat menyebabkan runtuhnya obligasi hipotek sub-prime di Amerika. Hal inilah pemicu krisis finansial global pada tahun 2008. Film ini diambil dari buku Michael Lewis dengan judul yang sama.

Film ini disajikan dengan ringan dan mudah dipahami. Bahkan ada beberapa cameo yang disisipkan khusus untuk menjelaskan istilah-istilah finansial agar penonton bisa memahami apa yang terjadi dalam film.

Wall Street (1987)

Poster Wall Street

Bend the rules, don’t break it! Itulah pesan yang ingin disampaikan oleh Film Wall Street. Film ini menceritakan tentang seorang trader muda, Bud Fox yang terkesima oleh seorang trader top class, Gordon Gekko yang berada di puncak kesuksesannya. Untuk menarik perhatian Gekko, Fox ‘menjual’ informasi dari ayahnya yang merupakan kompetitor Gekko.

Film yang dibintangi oleh Charlie Sheen ini bisa menjadi contoh “greed is good” yang sesungguhnya. Wall Street juga menggambarkan bagaimana tingginya kompetisi dalam dunia saham di wall street, Amerika.

Margin Call (2011)

Poster Margin Call

Jika kamu ingin tahu apa yang terjadi pada 36 jam sebelum resesi Amerika, kamu wajib nonton film Margin Call. Film ini diawali ketika tiba-tiba sebuah perusahaan  pialang melakukan lay off besar-besaran tanpa alasan yang jelas, maka sesuatu yang besar akan terjadi.

Untuk investor pemula, jangan khawatir jika banyak istilah asing yang tidak kamu mengerti karena Jeremy Irons akan mewakili kaum awam dengan ucapan “speak to me in plain terms”.

The Wolf of Wall Street (2013)

Poster Wolf of Wall Street

Film Wolf of the Wall Street menceritakan tentang Belfort, seorang trader Wall Street gagal. Pada tahun 1987 ketika ada PHK besar-besaran di Wall Street, Belfort menginisiasi sebuah firma kecil. Pada firma Belfort, dia menjalankan sistem “pump and dump”, yaitu cuci uang dari saham gorengan yang dijual kembali dengan harga tinggi. Ketika Belfort semakin kaya dan firmanya semakin besar, sukses dan uang menjadi candu baru bagi Belfort untuk menghalalkan segala cara. 

Sistem pump and dump Belfort yang ilegal masih kerap terjadi hingga saat ini. Untuk menghindari saham gorengan seperti ini, ada triknya loh agar kamu selalu cuan.

Inside Job (2010)

Poster Inside Job

Jika kamu ingin mengetahui bagaimana sistem derivatif dan kredit swap bekerja, film dokumenter Inside Job adalah film yang wajib untuk ditonton. Film ini akan mengulas bagaimana skema penipuan good money dari bad debt  melalui komputer. Walaupun setting yang digunakan di Amerika Serikat, namun hal ini bisa terjadi di belahan dunia manapun. KIta harus selalu waspada dan cermat sebelum berinvestasi.

Melalui Inside Job, kita diingatkan untuk selalu memilih trader berkualitas. Semakin banyaknya konsultan trader di indonesia, semakin banyak pula pertimbangan untuk memilih  pialang yang tepat, seperti Mentari Mulia Berjangka yang akan membantu untuk mengelola uang kita di dunia trading.

Author: Novi R

Leave a Reply

nineteen + three =

1 Comment

×
×
×
  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.