fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > 5 Negara Tujuan Investasi Terbaik di Masa Pandemi, RI Peringkat Berapa?

5 Negara Tujuan Investasi Terbaik di Masa Pandemi, RI Peringkat Berapa?

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Pandemi Covid-19 merupakan persoalan serius di seluruh dunia yang dapat menghambat perkembangan ekonomi. Hal ini menimbulkan kekhawatiran bagi para investor. The Congressional Research Service bahkan mengatakan bahwa pandemi ini dapat menurunkan 2% pertumbuhan ekonomi global.

Namun, tahukah kamu, di antara banyaknya masalah tersebut, ternyata masih ada beberapa negara yang menjadi incaran untuk berinvestasi? Negara-negara ini menjadi favorit investor untuk berinvestasi di masa pandemi dengan berbagai macam pertimbangan. Negara apa saja? Yuk Simak!

Kroasia

Negara kecil dari pecahan Yugoslavia ini mampu menempati peringkat pertama sebagai negara terbaik tujuan investasi saat pandemi menurut London Post. Pencapaian negara Kroasia pada tahun 2020 ini sangat mengejutkan, karena sebelumnya negara ini hanya masuk peringkat 30 besar.

Menurut data real time pada ceicdata.com, Investasi Portofolio Asing Kroasia dilaporkan sebesar 1.585 miliar USD pada Juni 2020. Rekor ini naik dibandingkan pada bulan Maret 2020, yaitu sebesar 362.938 juta USD. Data investasi portofolio asing negara Kroasia diperbarui setiap triwulan.

Ekonomi yang stabil di negara ini, membuat para investor optimis untuk berinvestasi. Terlebih, negara Kroasia dikenal dengan bisnis dan inovasinya yang progresif, sehingga negara ini dapat menarik minat para investor untuk berinvestasi di masa pandemi ini.

Thailand

Negara Thailand menempati posisi kedua sebagai negara terbaik tujuan investasi saat pandemi menurut London Post. Investor yang khawatir mengenai perang dagang antara AS dan China, mulai mengalihkan perhatiannya kepada negara ini untuk tujuan investasinya.

Selain itu, negara ini dikenal dengan sektor otomotif dan elektroniknya yang maju, sehingga para investor tertarik untuk berinvestasi pada sektor-sektor ini. Terlebih, pertumbuhan ekonomi Thailand yang kuat juga merupakan alasan investor untuk berinvestasi di negara ini.

Menurut data real time pada ceicdata.com, Investasi dari PDB Thailand dilaporkan sebesar 19.8 % pada bulan September 2020. Data ini naik dibanding pada bulan Juni 2020, yaitu sebesar 19.3 %. Data Investasi dari PDB Thailand diperbarui setiap triwulan.

Inggris

Negara Inggris menempati posisi ketiga sebagai negara terbaik tujuan investasi saat pandemi menurut London Post. Meskipun Inggris sudah keluar dari Uni Eropa (Brexit), akan tetapi, negara ini tetap menarik perhatian para investor untuk berinvestasi.

Inggris terkenal dengan pasar industrinya yang menjanjikan. Banyaknya tenaga kerja yang terampil, serta majunya keahlian dalam sektor teknologi, membuat para investor optimistis bahwa inggris bisa tetap memajukan ekonominya di situasi pandemi ini.

Menurut data real time pada ceicdata.com, Investasi Portofolio Asing Inggris dilaporkan sebesar 50.488 miliar USD pada Juni 2020. Data ini naik dibanding sebelumnya yaitu -13.004 miliar USD pada bulan Maret 2020. Data Investasi Portofolio Asing Inggris diperbarui setiap triwulan.

Indonesia

Negara Indonesia menempati posisi keempat sebagai negara terbaik tujuan investasi saat pandemi menurut London Post. Tingkat ekonomi di Indonesia yang dinilai kuat dan tengah menggenjot investasi besar-besaran membuat para investor tertarik untuk berinvestasi.

Dilansir dari okezone.com, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat realisasi investasi Indonesia sebesar Rp809,6 triliun di sepanjang tahun 2019. Realisasi itu melampaui target yang ditetapkan sebesar Rp792 triliun atau setara 102,2%

Adapun negara-negara dengan investasi terbesar di Indonesia, yaitu Singapura sebesar 24,5% atau US$ 1,7 miliar, Jepang sebesar 17,5% setara US$ 1,2 miliar, China 16,2% sebesar US$ 1,1 miliar, Hongkong 10,4% sebesar US$ 0,7 miliar dan Belanda 5,3% atau sebesar US$ 0,4 miliar.

India

Negara India menempati posisi kelima sebagai negara terbaik tujuan investasi saat pandemi menurut London Post. Menurut PBB, India adalah salah satu dari 10 negara dengan jumlah investasi langsung asing atau FDI tertinggi.

Negara ini sangat konsisten dan menjadi salah satu favorit tujuan investasi. Hal itu dibuktikan karena India juga masuk dalam 5 besar sebagai negara terbaik untuk berinvestasi pada 2019. Sektor investasi terbanyak dari negara India yaitu dalam penelitian dan pengembangan

Menurut data real time pada ceicdata.com, Investasi dari PDB India dilaporkan sebesar 28.3 % pada September 2020. Data ini naik dibanding sebelumnya yaitu 21.4 % pada Juni 2020. Data Investasi dari PDB India diperbarui setiap triwulan.

Nah, itulah 5 negara terbaik tujuan investasi di masa pandemi. Walaupun di masa pandemi, negara-negara tersebut masih menjadi perhatian para investor untuk berinvestasi.

Bagi kamu yang ingin mengetahui informasi lain seputar investasi, kamu dapat bergabung dengan forum traderhub. Di sana kamu dapat melihat analisis-analisis investasi dari para analis profesional. Kamu juga dapat melihat rekomendasi broker terpercaya. Bagi kamu yang tertarik, Yuk klik di sini!

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

eighteen + three =

  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.