TraderHUB > Entertainment > Hiburan > 4 Rekomendasi Film Keuangan yang Menarik untuk Ditonton

4 Rekomendasi Film Keuangan yang Menarik untuk Ditonton

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Hiburan
film

Ilmu pengetahuan bisa kita dapatkan dari mana saja, seperti membaca buku, belajar dari pengalaman orang lain dan lain-lain. Mungkin sebagian orang tidak mempunyai waktu yang cukup untuk membaca buku ketika ingin mencari tahu sesuatu.

Namun, jangan khawatir, kamu juga dapat mencari ilmu dengan menonton film loh! banyak film yang dapat menghibur sekaligus memberikan edukasi mengenai suatu hal ketika kita menontonnya.

Contohnya saja kamu dapat menonton film bertema keuangan ketika kamu ingin lebih tahu mengenai seputar keuangan,  investasi, bisnis ataupun hal-hal yang berkaitan dengan uang.

Nah, di bawah ini akan dibahas beberapa rekomendasi film yang dapat memberikan edukasi mengenai keuangan dan peristiwa keuangan. Yuk disimak!

Inside Job

Pict by: Amazon.com

Bagusnya jalan cerita serta konflik pada film ini membuat film ini dapat memenangkan piala oscar kategori feature pada tahun 2011. Film ini menceritakan mengenai krisis finansial global dan dampaknya di Amerika serikat pada tahun 2008.

Penonton dapat melihat bagaimana kehidupan investor, politisi, pekerja sex komersial, wartawan, akademisi dan lain-lain yang terkena dampak dari krisis pada saat itu.

Film ini terdiri atas 5 bagian:

Bagian pertama menceritakan tentang penyebab dari krisis global pada saat itu yang membuat kemiskinan meningkat pesat

Bagian kedua menceritakan peristiwa gelembung ekonomi sebelum terjadinya krisis ekonomi global tersebut

Bagian ketiga menceritakan tentang bagaimana Amerika Serikat yang menyepelekan kondisi ini pada awal kemunculannya hingga akhirnya meledak pada tahun 2008.

Bagian keempat menceritakan tentang pihak-pihak yang akhirnya tetap mendapatkan keuntungan dari peristiwa yang terjadi ini.

Dan bagian terakhir menceritakan tentang betapa krisis ini menyebabkan perbedaan tingkat pendidikan generasi masa depan pada saat itu yang membuat anak-anak di generasi sekarang jauh lebih miskin daripada orang tuanya.

Secara garis besar, film ini menceritakan betapa pejabat-pejabat begitu serakah dan tidak pernah puas. Mereka tidak peduli dengan kondisi masyarakat pada saat itu dan hanya mementingkan kekayaannya masing-masing.

Jika kamu menonton film ini, kamu akan belajar dan mendapatkan informasi mengenai proses runtuhnya ekonomi pada saat itu.

Margin Call

Pict by: Wisemanfs.com

Margin Call menceritakan mengenai beberapa jam sebelum krisis ekonomi yang melanda Amerika serikat pada tahun 2008. Selain itu, di dalam film ini juga diceritakan mengenai perjuangan perusahaan-perusahaan saham dalam kondisi krisis ekonomi pada saat itu.

Cerita berawal dari pemecatan Eric Dale, kepala divisi analisis risiko. Ia menjadi salah satu korban  dari sekian banyak karyawan yang di PHK oleh perusahaannya. Akan tetapi ternyata ada satu proyek  yang sedang dikerjakan oleh Eric pada saat itu, tetapi belum selesai.

Ia pun menyerahkan proyek tersebut kepada anak buahnya dengan meninggalkan pesan “hati-hati”. Setelah diselidiki anak buahnya, ternyata proyek tersebut adalah proyek yang sedang Eric lakukan untuk menghadapi detik-detik kebangkrutan perusahaannya.

Dari data dan fakta yang diterima tersebut, perusahaan yang telah terlanjur memecat Eric pun langsung mengadakan rapat besar secara mendadak,  karena masalah ini harus dapat selesai dalam waktu 24 jam.

Film ini sangat cocok untuk ditonton oleh para investor. Kamu tak perlu khawatir jika kamu merupakan investor pemula, karena di film ini dijelaskan secara  detail mengenai istilah-istilah dalam dunia investasi dengan teknik penceritaan yang menarik.

The Pursuit of Happiness

Film ini sangat kaya akan pelajaran berharga. Menceritakan tentang seorang ayah bernama chris yang berjuang keras untuk membesarkan anaknya meskipun ia tidak mempunyai pekerjaan, rumah, bahkan tidak mempunyai uang sedikit pun.

Chris merupakan seorang ayah yang pintar dan pekerja keras. Kemauan kuat yang ia miliki membuat ia berani mengambil risiko atas pekerjaan yang ia lakukan. Ia merupakan sales alat-alat kedokteran. Ia berani mengambil risiko dengan menggunakan seluruh tabungannya dengan membeli alat kedokteran tersebut untuk dijual kembali.

Mahalnya harga alat kedokteran tersebut, membuat alat tersebut tidak laku. Padahal ia sudah mempromosikannya dengan bagus ke dokter-dokter. Kondisi ini membuat dia kehilangan segalanya, bahkan istrinya memutuskan untuk pindah ke tempat saudaranya di New York.

Namun, Chris meminta hak asuh atas anaknya meskipun kondisinya yang saat ini sedang miskin. Perjuangan Chris terbayar mahal ketika ia berhasil menjadi seorang pialang saham setelah menjalani proses seleksi selama 6 bulan tanpa digaji.

Ia menjadi  seorang pialang saham sukses, yang kemudian mendirikan perusahaan pialang sendiri dan membantu orang-orang yang membutuhkan.

Jika kamu menonton film ini, kamu akan mendapatkan banyak sekali pelajaran. Film ini dapat membuka pikiran kita tentang bagaimana caranya memanfaatkan peluang dan bekerja keras untuk mendapatkan uang. Terlebih, film ini juga akan memberikan pelajaran untuk berpikir positif dalam kondisi apapun.

The Big Short

Pict by: Unisifm.com

The Big Short berlatar pada krisis ekonomi yang terjadi di Amerika pada tahun 2008.  Di dalam film ini banyak sekali pengetahuan tentang keuangan, investasi, permasalahan krisis yang terjadi pada tahun 2008, hingga istilah-istilah yang digunakan di dunia keuangan.

Film ini mengisahkan mengenai sekelompok orang yang dapat sukses ketika gelembung ekonomi terjadi di bidang properti pada saat itu. Hal tersebut dikarenakan analisisnya yang baik terhadap market bahwa akan terjadi keruntuhan di bidang properti.

Pada  saat itu tidak ada yang mempercayai analisis tersebut, akan tetapi ia tetap menjalankan analisisnya sebagai peluang di masa yang akan datang dan akhirnya semua analisisnya menjadi kenyataan.

Kisah dalam film ini sangat berat, akan tetapi kamu tak perlu khawatir. Alur yang lambat dalam film ini akan membuat kamu mengerti. Selain itu,  candaan cerdas yang disisipi dalam film ini akan membuat kamu tidak merasa cepat bosan.

Selain itu, jika kamu menonton film ini, kamu dapat belajar mengenai bidang property dan segala macam aktivitas yang dilakukan di dalamnya. Film ini sangat cocok ditonton untuk para investor pemula maupun investor pengalaman.

Itulah beberapa film  yang dapat menambah wawasan kamu mengenai dunia keuangan. Menurut kamu, film apa yang menarik?

Nah, bagi kamu yang ingin mendalami keuangan lebih dalam lagi, kamu dapat bergabung dengan forum traderhub. Disana kamu dapat melihat analisis-analisis keuangan dari para guru profesional.

Bagi kamu yang tertarik, klik di sini!

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

ten − seven =

×
×
×
  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.