fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > 4 Ketakutan Calon Investor, Atasi dengan Cara Ini!

4 Ketakutan Calon Investor, Atasi dengan Cara Ini!

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Masing-masing dari kamu pasti pernah mendengar penawaran untuk mendapatkan 20-100% dalam waktu yang relatif singkat. Sudah berapa kali kamu mengabaikan tawaran ini, bahkan tanpa mencoba untuk riset? Ini adalah salah satu contoh ketakutan yang muncul tanpa riset. Di bawah ini kami akan membahas mengenai beberapa ketakutan calon investor dan bagaimana cara mengatasinya!

Ketakutan Calon Investor

Tentunya kamu pernah mendengar tentang investasi besar seperti George Soros atau Warren Buffet. Ini adalah beberapa contoh fakta bahwa tidak ada yang mustahil.  Ada lusinan pilihan investasi di dunia yang memungkinkanmu untuk mencari pundi-pundi cuan.

Semua Slogan tentang Penghasilan Besar Adalah Mitos

Skeptisisme dan ketidakpercayaan terhadap iklan apa pun adalah alasan paling umum mengapa orang bahkan tidak mengambil langkah untuk memulai. Banyak orang telah mendengar tentang investasi penipuan.

Orang-orang tidak percaya angka besar, menganggap itu adalah upaya tindak penipuan. Dalam batas tertentu, ketakutan ini dibenarkan, karena ini memungkinkanmu untuk menghindari investasi-investasi bodong. Namun, terjebak di investasi bodong bisa dicegah dengan melakukan riset.

Jangan terburu-buru melabeli setiap investasi, tetapi juga jangan buru-buru memercayai segalanya. Di bisnis apa pun, pasti ada proyek secara nyata dan penipu yang menyamar sebagai mereka. Mendapatkan jackpot bukanlah mitos. Tetapi mendapatkannya juga tidak mudah.

Semakin besar potensi keuntungan maka semakin besar risiko, tetapi iklan tidak akan terang-terangan memberitahumu tentang hal itu. Oleh karena itu, inilah pentingnya dirimu untuk selektif dan mencari tahu tentang itu. Jangan tergesa-gesa menganggap segala sesuatu sebagai tipuan, cobalah untuk berpikir kritis dan analitis

Saya Takut Kehilangan Uang

Ini adalah ketakutan akan risiko. Perlu kamu ketahui bahwa setiap bisnis pasti memiliki risiko. Risiko tidak dapat dihilangkan tapi dapat diminimalisir dengan manajemen risiko yang baik. Oleh karena itu, resikokan hanya dana “dingin” yang kamu miliki. Diversifikasi risiko dengan berinvestasi di beberapa aset investasi.

Pelajari cara membentuk portofolio investasi dengan benar. Tentunya guru terbaik adalah pengalaman. Tidak ada satupun strategi yang dapat memberi jaminan keuntungan 100%. Kegagalan adalah pengalaman. Jika kamu benar-benar berniat mengambil jalan investor profesional, maka bersabarlah dan analisislah kesalahan.

Saya Terbiasa dengan Gaya Hidup yang Stabil

Katakan, apakah kamu menganggap dirimu orang yang bahagia? Apakah kamu puas dengan segala sesuatu dalam hidup, atau apakah kamu masih memiliki tujuan dan impian? Jika kamu sudah puas dan telah mencapai semua tujuan yang diinginkan, maka cakrawala baru tidak menggoda bagimu. ini adalah pilihanmu, yang menjadi tanggung jawabmu.

Pikirkan tentang apa yang akan berubah dalam hidupmu jika semua stabilitas yang ada hilang. Misalnya, kamu dipecat dari tempat kerja. Bisakah kamu menemukan pekerjaan baru atau belajar sesuatu dengan cepat? Dunia investasi selalu penuh dengan pasang surut. Tidak ada stabilitas di sini, tetapi selalu ada kemungkinan bahwa setelah kehilangan segalanya, kamu akan bangkit kembali.

Kamu pergi ke sekolah pertama kalinya dan membiasakan diri dengannya. Kamu menikah untuk pertama kalinya dan mengubah cara hidup secara mendasar. Sama halnya dengan berinvestasi: jangan takut untuk mengambil langkah pertama, yang dapat mengubah hidupmu menjadi lebih baik. Paling tidak, itu tidak akan menjadi lebih buruk (jika kamu menggunakan uang “dingin”)

Saya Takut Kehilangan Kendali

Ada istilah khusus untuk fenomena ini, yaitu perjudian. Hal ini dapat menyebabkan pelanggaran aturan manajemen risiko dan kesalahan dalam menganalisis situasi pasar saat ini. Sayangnya, ini adalah masalah yang paling sulit, karena sifatnya psikologis.

Untuk belajar mengendalikan emosimu, kamu perlu jeda sejenak setelah serangkaian keberhasilan atau kegagalan dalam trading. Tetap patuhi rencana investasi yang telah dibuat di awal, dan jangan pernah terlintas untuk mengubah-ngubahnya di perjalanan. Hal tersebut karena bisa menjadi suatu kebiasaan.

Semua ketakutan ini dapat direduksi menjadi satu hal yang sangat penting, yaitu ketakutan untuk memulai. Kamu dapat bergabung di forum traderhub untuk berkonsultasi tentang masalah ini dengan mentor profesional kami. Yuk gabung dengan klik di sini!

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

1 × four =

  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.