fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > 3 Tips Trading dari Serial Netflix Squid Game

3 Tips Trading dari Serial Netflix Squid Game

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Siapa yang tak mengenal serial netflix Squid Game? Tampaknya hampir setiap pengguna netflix telah menonton serial yang viral ini. Alur cerita yang “tak biasa”, serta karakternya yang kompleks membuat serial ini menjadi “buah bibir” di berbagai media sosial. Di balik kesuksesannya, ternyata serial ini juga memiliki pesan yang bisa kita jadikan tips trading. Pesan apa? Yuk simak!

“Utang” Dapat Membunuh “Akun”

Secara garis besar, Squid Game mengisahkan tentang orang-orang yang terpaksa masuk ke dalam permainan mematikan melawan satu sama lain, untuk membayar kembali utang mereka.

Persaingan ketat di pasar mungkin tidak sedramatis itu. Namun pencipta serial tersebut, Hwang Dong-hyuk, secara eksplisit mengatakan bahwa ia mencoba membuat alegori persaingan ekstrem yang terkait dengan kapitalisme modern. Dan tentu saja, pasar keuangan adalah salah satu bagian di dalamnya.

Trading melibatkan risk-reward. Semakin banyak reward yang kamu inginkan, semakin besar risiko yang perlu kamu ambil. Jika kamu menghasilkan uang, arus kas positif ini membantu menjaga sejumlah kenyamanan dalam posisi tradingmu.

Namun, jika akun kamu mulai berkurang, itu hampir seperti kamu menimbun “utang” dengan dirimu sendiri. Kamu merasa tertuntut dan harus “mendapatkan kembali” uang yang telah “hilang”. Di sinilah keputusasaan muncul.

Sering kali, keputusasaan menyebabkan trader mengambil perdagangan yang lebih berisiko untuk mendapatkan kembali dana yang hilang. Alih-alih dengan tenang dan penuh perhitungan membangun kembali portofolio mereka, mereka mungkin akhirnya melakukan taruhan “semua atau tidak sama sekali”. Ini akan menempatkan akun trading mereka ke dalam versi The Squid Game-nya sendiri.

Ketahui Risiko yang Diambil

Ketika kamu memasuki trading, kamu masih dapat melihat uang itu di akunmu. Jadi, kamu tidak benar-benar menyadari bahwa kamu telah mengambil risiko. Ini memungkinkan banyak trader untuk mencoba mempertahankan posisi yang merugi, alih-alih memotong kerugian mereka.

Karakter dalam The Squid Game memiliki kesempatan untuk pergi. Meskipun demikian, mereka didorong kembali dari keputusasaan untuk menang, bukannya memotong kerugian mereka.

Itu mungkin berhasil untuk beberapa trader yang beruntung. Tapi untuk sebagian besar? Kebanyakan orang kehilangan uang dalam trading bukan karena mereka masuk pasar pada waktu yang salah, tetapi karena mereka tidak tahu kapan harus memotong kerugian mereka.

Banyak orang tertarik untuk trading dengan daya pikat menghasilkan banyak uang. Itu bisa terjadi, tetapi ada proses. Tidak ada yang instan di dunia ini, begitu pun juga trading. Kesuksesan trading butuh proses dan proses tersebut tergantung pada diri trader itu sendiri.

Percaya, Tapi Verifikasi

Trading adalah aktivitas kolaboratif dan kompetitif pada saat yang bersamaan. Tanpa disadari, di satu sisi kamu mencoba untuk mengalahkan trader lain, sehingga kamu dapat menangkap momen lebih cepat.

Di sisi lain, kamu dapat secara signifikan meningkatkan peluangmu untuk “menang” jika kamu bekerja sama dengan orang lain, mengumpulkan pengetahuan, dan sumber daya. Ini juga terjadi pada serial Squid Game.

Hubungan antara kolaborasi dan persaingan ini dapat menyebabkan beberapa orang yang tidak bermoral mengambil keuntungan dari kepercayaan orang lain. Seperti karakter-karakter licik yang memanfaatkan kebaikan karakter baik dalam Squid Game.

Bahkan, jika permainan seharusnya adil dan regulator turun tangan untuk menjaganya tetap adil, masih selalu ada oknum-oknum tak bertanggung jawab. Kamu harus berhati-hati saat bekerja dengan trader lain, pastikan asal-usul mereka jelas. Jika mereka konsultan, pastikan bahwa mereka merupakan konsultan broker yang sudah teregulasi dan tidak mengiming-imingkan fixed income.

Hal tersebut dikarenakan tidak ada kepastian yang sempurna di pasar. Trader dan analis mungkin memberi kamu saran yang bagus. Namun, penting untuk tetap memverifikasi mereka terlebih dahulu.

Kamu tidak dapat trading tanpa informasi, jadi kamu harus hati-hati memilih sumber terpercaya. Bandingkan semua informasi yang kamu terima ke berbagai sumber lain, untuk memastikan kamu memiliki fakta yang tepat pada waktu yang tepat.

Oleh karena itu, kamu dapat berdiskusi dan bertukar informasi di forum traderhub. Di forum traderhub, kami juga memiliki analis terpercaya yang sudah berpengalaman di dunia derivatif selama puluhan tahun. Mereka secara konsisten membagikan pandangannya tentang pasar.

Tentunya, pandangan tersebut adalah sebatas rekomendasi yang mungkin dapat kamu jadikan pertimbangan. Kamu bisa gabung dengan forum traderhub dengan klik di sini.

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

nine + 11 =

  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.