fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > 3 Prinsip untuk Meningkatkan Kemampuan Trading

3 Prinsip untuk Meningkatkan Kemampuan Trading

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Kesederhanaan adalah yang terbaik dalam segala hal, tetapi sejatinya manusia justru membuat suatu hal menjadi rumit. Trading pun juga seperti itu, apa yang bisa lebih sederhana daripada membeli rendah dan menjual tinggi? Sebaliknya, apa yang kita lakukan justru menggunakan banyak indikator dan variabel yang kompleks, yang justru membuat kita tersesat dalam kerumitan.  Untuk itu, yuk simak 3 prinsip untuk meningkatkan trading di bawah ini!

Meningkatkan Kemampuan Trading

Di forum trading, kami sering menemukan trader menulis dan menjelaskan strategi trading mereka. Namun, terlepas dari semua informasi yang mereka bagikan, bukankah aneh bahwa hampir separuh atau lebih trader yang mengikuti strategi tersebut tetap saja merugi?

Beberapa alasan umum yang kami temukan, yang sepertinya membenarkan mengapa trader gagal menghasilkan uang dengan strategi yang berhasil sekalipun adalah karena:

  • Strategi trading tidak lagi berfungsi karena pasar telah berubah
  • Strategi trading hanya berfungsi pada waktu tertentu dan hanya untuk instrumen tertentu

Namun, alasan sebenarnya adalah:

  • Kamu belum menghabiskan banyak waktu menganalisis strategi
  • Kamu belum cukup mempraktikkan strategi

Tentu, mungkin ada contoh di mana strategi trading yang ada memang membutuhkan lebih banyak perbaikan. Tetapi secara umum, bahkan garis besar strategi yang paling sukses pun tidak cocok dengan sebagian besar trader.

Jadi bagaimana kamu, sebagai seorang trader dapat meningkatkan tradingmu, terlepas dari betapa sederhana atau kompleksnya strategimu?

1. Mengamati

Pengamatan adalah alat yang hebat. Kamu dapat mengetahui banyak hal tentang apa yang terjadi di pasar hanya dengan mengamati pasar. Tidak ada trading, tetapi hanya mengamati grafik menggunakan aturan dan indikator strategi.

Observasi bisa menjadi alat yang hebat tetapi jarang digunakan. Untuk seorang trader, tempat terbaik untuk memulai adalah memuat template strategi mereka, kemudian hanya duduk dan mengamati. Yang terpenting, melihat grafik harga dan mencatat apa yang bisa dilakukan harga, berdasarkan aturan strategimu bisa menjadi cara yang bagus untuk mencari tahu apa yang terjadi di pasar.

Jika persilangan moving average adalah keahlianmu, maka alih-alih mencoba membangun EA atau scalping, luangkan beberapa hari dan cukup perhatikan grafiknya. Kamu tidak perlu duduk di depan grafikmu sepanjang hari, tetapi cukup buat catatan tentang apa yang dilakukan harga saat itu.

Pekerjaan yang tampaknya membosankan ini sebenarnya dapat melakukan keajaiban untuk tradingmu. Upaya sadar yang dilakukan untuk mempraktikkan ini secara otomatis akan menyesuaikan pikiranmu untuk melihat peluang potensial, serta tanda peringatan saat kamu benar-benar trading.

2. Praktik

Latihan membuatmu sempurna. Latihan adalah langkah selanjutnya dalam perjalanan tradingmu. Berdasarkan informasi yang kamu kumpulkan dengan mengamati grafik dan mempraktikkan pengetahuan, dapat membantumu membentuk kebiasaan.

Mempraktikkan strategi tradingmu berulang kali dapat menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan keterampilan tradingmu. Lebih penting lagi, proses berulang ini juga akan membantumu mengidentifikasi beberapa detail kecil, namun penting yang dapat ditawarkan harga kepadamu. Detail kecil inilah yang dapat menjadi variabel pembeda antara trading yang menang dan yang kalah.

3. Tantang Dirimu Sendiri

Begitu kamu berhenti belajar, kamu mulai sekarat. Mungkin kamu telah mengamati pasar, dan sudah mulai berlatih. Tapi itu bukan akhir. Pengubah permainan yang sebenarnya hadir di bagian selanjutnya yaitu menantang dirimu sendiri. Tapi bagaimana cara melakukan ini?

Ada banyak forum, situs web, dan sumber daya saat ini dengan banyak trader/blogger memposting grafik mereka sendiri. Langkah pertama adalah menemukan trader yang menggunakan strategi yang sama seperti Anda.

Jika kamu ingin belajar trading bersama mentor profesional, jangan ragu untuk bergabung di forum traderhub. Di forum traderhub, kamu dapat belajar trading melalui kelas trading atau private consultation yang tentunya GRATIS. Kamu bisa belajar berbagai macam strategi dan menyesuaikannya sesuai dengan kepribadianmu. Untuk itu, yuk gabung sekarang dengan klik di sini.

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

seventeen − 5 =

  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.