fbpx
TraderHUB > Entertainment > Business Insight > 3 Ketakutan yang Perlu Dihindari Trader Menurut Mark Douglas

3 Ketakutan yang Perlu Dihindari Trader Menurut Mark Douglas

Posted by: Adi Kurniawan
Category: Business Insight

Berdasarkan buku “Trading in The Zone” karya Mark Douglas yang merupakan seorang trader senior sekaligus psikolog trading, terdapat 3 ketakutan trader yang perlu dihindari ketika trading. 

Ketakutan ini sering kali membuat para trader menjadi berpikir berlebihan atau berpikir negatif, sehingga trader tersebut tidak dapat berpikir secara objektif ketika menganalisis pasar. Nah, apa saja ketakutan-ketakutan menurut Mark Douglas ini? Yuk simak!

Takut salah

Menurut Mark Douglas, sikap takut salah dalam trading tanpa disadari sudah melekat pada seorang trader. Sangat manusiawi jika seorang trader memiliki sikap takut salah. Namun, hal yang terpenting adalah bagaimana caranya untuk mengenali sikap ini dan mengantisipasinya.

Umumnya, trader yang memiliki rasa takut salah adalah mereka yang kurang percaya diri dengan kemampuannya, sehingga ia menilai bahwa strategi yang orang lain lakukan lebih baik dengan strategi yang ia jalankan.

Sifat ini hanya akan mengakibatkan seorang trader menjadi tidak punya pendirian. Ia selalu berganti-ganti strategi hanya karena mendengar strategi tersebut sukses dijalankan oleh orang lain. Padahal, strategi yang sukses dilakukan oleh orang lain, belum tentu juga sukses jika dirinya yang melakukannya.

Kurangnya rasa percaya diri dan takut salah hanya akan membuat trader tidak mengetahui perkembangan dalam dirinya. Sebaiknya hindari terlalu sibuk untuk menilai pencapaian orang lain. Hal terpenting adalah bagaimana caranya kita mencapai itu dengan cara kita sendiri.

Untuk menghindari rasa takut salah ini, trader sebaiknya mengenali diri sendiri terlebih dahulu. Pilihlah strategi trading yang benar-benar nyaman dan cocok sesuai gaya trading masing-masing.

Jika sudah merasa cocok dengan strategi trading tersebut, cobalah untuk mempelajarinya secara lebih mendalam. Dengan begitu, rasa percaya diri dalam trading akan tumbuh dengan sendirinya karena dibumbui oleh kompetensi yang dimiliki.

Takut Kehilangan Momen

Rasa takut selanjutnya menurut Mark Douglas adalah rasa takut kehilangan momen. Rasa takut kehilangan momen ini juga umum ditemukan di kalangan trader, tak mengenal trader pemula atau trader profesional.

Umumnya sifat pasar yang volatil yang menyebabkan rasa takut ini muncul. Beberapa trader yang takut kehilangan momen biasanya selalu terburu-buru untuk segera masuk ke pasar tanpa pertimbangan yang matang.

Padahal, terdapat beribu peluang dalam pasar yang bisa ditemukan. Tak perlu khawatir untuk kehilangan momen karena pasti akan ada momen-momen berikutnya. Rasa takut kehilangan momen hanya akan menyebabkan FOMO trading.

Untuk mengantisipasi rasa takut ini, seorang trader sebaiknya trader selalu update berita-berita fundamental, sehingga trader bisa mempersiapkan diri dengan matang dan mengetahui kepastian kapan momen tersebut akan datang.

Takut Loss

Rasa takut loss dalam trading juga merupakan rasa takut yang familiar dan umum dialami oleh para trader, baik trader pemula maupun trader profesional. Namun, menurut Mark Douglas rasa takut ini hanya akan menyebabkan bencana.

Para trader seharusnya sudah mengetahui risiko dalam trading dan seharusnya rasa takut ini tak akan muncul. Namun, tetap saja naluri manusia yang takut kehilangan akan tetap ada, walaupun beberapa trader sudah bisa mengatasinya.

Umumnya rasa takut ini ditandai dengan trader yang sering menutup posisi tradingnya dalam keadaan loss tanpa pertimbangan yang matang hanya karena takut kerugiannya menjadi lebih besar. Padahal, tren bisa saja memiliki peluang untuk berbalik arah.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi ini seorang trader harus mampu membaca tren, sehingga ia bisa mengetahui tanda-tanda pelemahan tren dan bisa segera menutup posisi berdasarkan perhitungan yang matang.

Nah, itulah pembahasan mengenai ketakutan-ketakutan yang umumnya terjadi di kalangan trader. Mungkin sebagian dari kita tidak menyadari bahwa memiliki sifat-sifat tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya kita bisa lebih mengenali diri sendiri secara lebih mendalam sehingga dapat melakukan introspeksi.

Bagi kamu yang ingin mengetahui informasi lain seputar trading, kamu dapat bergabung dengan forum traderhub. Di forum traderhub, kamu dapat berdiskusi dengan trader lainnya. Selain itu, kamu juga dapat belajar dan melihat analisis trading dari para analis internasional. Yuk klik di sini!

Author: Adi Kurniawan

Leave a Reply

1 × two =

  • Sign Up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.